Sukses

4 Manfaat Pelukan Hangat Ibu untuk Kesehatan Bayi Baru

Pelukan dari ibu ternyata memengaruhi kesehatan bayi, terutama bayi yang baru saja lahir.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai ibu, Anda mungkin berpikir memeluk bayi hanya akan membuat Anda sendiri merasa lebih baik. Namun ternyata, rasa hangat dan nyaman yang Anda dapatkan saat memeluk si Buah Hati juga bermanfaat untuknya. Pelukan hangat yang diberikan ibu bisa menjadi kunci untuk kesehatan si kecil.

Sesuai dilansir dari laman The Health Site, Rabu (5/4/2017), psikolog Prerna Kohli memaparkan, berbagai manfaat emosional pelukan untuk bayi Anda.

1. Tidur menjadi lebih baik.

Jika Anda berbaring dekat pada bayi selama beberapa menit sebelum ia tertidur. Anda bisa memastikan, ia tidur dengan baik.

Memeluk si Kecil dapat menenangkan tubuhnya dan punya efek terapi yang membantu tidur bayi menjadi lebih baik.

2. Kurangi stres.

Bayi yang dipeluk akan merasa santai dan aman. Kadar kortisol (hormon stres) bayi bisa menurun.

3. Tingkatkan kekebalan.

Pelukan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara memproduksi sel darah putih yang merangsang kelenjar timus (rongga dada bagian atas). Hal ini akan menjaga anak Anda tetap sehat dan terlindungi dari penyakit.

4. Bantu sembuhkan penyakit.

Pelukan dapat membantu sembuhkan penyakit si kecil. Hal ini terkait pelepasan oksitosin (hormon alami tubuh). Orangtua dari bayi prematur didorong untuk sering memeluk anaknya, untuk membantu bayi tumbuh dan berkembang.

Selain itu, menurut para ahli, bayi yang baru lahir dapat mengenali pelukan ibunya sendiri. Bayi dapat mengidentifikasi ibu kandungnya dengan melibatkan naluri dan indera, seperti mengenali aroma dan suara sang ibu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini