Sukses

Efek Mandi Air Hangat Sama Seperti Olahraga

Studi terbaru berhasil mengungkap jika rutin mandi air hangat dapat membakar kalori seperti olahraga sepeda statis.

Liputan6.com, Jakarta Lari mengelilingi kompleks perumahan atau lapangan merupakan cara terbaik untuk membakar kalori tubuh Anda. Namun, selain melakukan aktivitas fisik rupanya mandi air hangat juga memiliki efek yang sama dengan olahraga. Percaya?

Penelitian terbaru yang dilakukan National Centre for Sport and Exercise Medicine dari University of Loughborough, Inggris, menemukan suhu air hangat yang digunakan untuk mandi mampu membakar kalori yang sama seperti Anda berolahraga.

Melansir India Times, Rabu (5/4/2017) menurut peneliti suhu 40 derajat celsius menjadi angka sempurna untuk membakar kalori tubuh mencapai 140 kalori. Peneliti menyatakan jumlah kalori yang terbakar tersebut sama dengan individu yang mengambil olahraga sepeda statis selama satu jam.

Peneliti juga menemukan mandi air hangat juga memberi efek pada kontrol gula darah selama 24 jam ke depan dan membentuk metabolisme tubuh yang lebih baik. Peneliti juga menunjukkan mandi air hangat mampu mencegah infeksi dan penyakit.

Studi serupa yang dilakukan University of Oregon juga mengungkap jika mandi air hangat secara teratur efektif menurunkan tekanan darah. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.