Sukses

Hindari 3 Menu Ini Saat Makan Siang agar Tak Penuaan Dini

Liputan6.com, Jakarta Rahasia tampil muda dan mencegah penuaan dini bukan menggunakan produk perawatan tubuh mahal. Asupan makanan Andalah yang jadi rahasia utama untuk terlihat muda. Menurut dermatolog, makanan untuk makan siang bisa berdampak besar pada kulit.

Pilihan makanan yang salah bisa menyebabkan keriput, jerawat dan eksim (kelainan kulit berupa peradangan dan gatal).

Sesuai ditulis Mail Online, Rabu (5/4/2017), para ahli terbaik di industri kecantikan membeberkan makanan yang harus dihindari saat makan siang bila Anda ingin mempertahankan penampilan muda.

Sandwich, couscous (sejenis gandum), dan bulgur (sejenis sereal)

Dr Yannis Alexandrides, pendiri 111 Harley Street memperingatkan, hindari makan sandwich dan roti.

"Gluten (sejenis protein) bisa sangat buruk bagi wajah, baik dari segi kulit dan bentuk wajah. Gluten biasa ditemukan sebagai campuran protein nabati pada makanan makan siang, seperti sandwich, couscous atau bulgur," kata dr Alexandrides.

Protein yang terkandung dalam gluten dapat menyebabkan sindrom kebocoran usus. Protein makanan masuk ke dalam sistem peredaran darah, yang mengakibatkan usus mengalami peradangan.

Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan wajah serta memengaruhi pigmentasi pada kulit. Anda bisa mengganti pasta dengan kembang kol dan sayuran lainnya.

1 dari 3 halaman

Yoghurt

Yoghurt

Dr Lancer, yang menjadi dokter kulit keluarga Kardashian meyakini, yoghurt termasuk salah satu pilihan makan siang terburuk jika Anda rentan mengalami jerawat atau kulit berminyak.

Yoghurt juga dapat meningkatkan produksi minyak dalam tubuh.

Kadar gula darah dan insulin yang naik dari makan yoghurt ini dapat meningkatkan inflamasi (peradangan) bahan kimia pada sel. Hal ini menyebabkan jerawat yang Anda miliki dapat makin buruk.

2 dari 3 halaman

Pisang

Pisang

Nataliya Robinson, spesialis kulit, mengatakan, hindari karbohidrat sederhana (karbohidrat yang menghasilkan energi setelah dikonsumsi). Misal, karbohidrat sederhana terkandung pada pisang matang.

"Saya menyarankan, tambahkan makanan yang berbasis protein pada menu makan siang Anda. Kulit membutuhkan asam amino tiap hari demi menjaga jaringan ikat (jaringan yang menyokong jaringan lain). Jadi, cobalah hindari karbohidrat sederhana, seperti roti, pisang matang, dan yoghurt," kata Nataliya.

Ketika Anda makan makanan yang mengandung karbohidrat, sistem pencernaan akan rusak. Apa yang dicerna menjadi gula, yang akan memasuki darah. Kemudian molekul gula akan melekat pada protein dalam kulit.

Akibatnya, kulit menjadi lemah, kurang montok, dan menyebabkan penuaan dini.

"Cobalah tambahkan protein untuk makan sehari-hari. Jika Anda makan pisang, makanlah kacang untuk mengimbangi karbohidrat sederhana dengan makanan berbasis protein. Hal ini menghindari lonjakan insulin dalam darah," ujarnya.

Artikel Selanjutnya
Hindari Melakukan 3 Hal Ini Sehabis Makan
Artikel Selanjutnya
Setop Konsumsi 3 Makanan Ini Sebelum Tidur