Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Apa yang Harus Dilakukan Saat Istri Enggan Bercinta?

Ada kalanya istri enggan bercinta, ini tandanya pasangan harus mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Saat istri enggan bercinta, apa yang sebaiknya dilakukan pasangan? Pertanyaan ini kerap muncul saat suami kebingungan untuk mengajak sang istri. 

Pakar hubungan, Prof Beverly Whipple, PhD, RN, FAAN dari Emerita Rutgers University mengatakan, untuk hal ini sebenarnya para suami tak perlu bingung. Sebab jawabannya tentu komunikasi.

"Komunikasi sangat penting untuk hubungan seksual yang sehat. Satu studi menemukan bahwa wanita yang diajak bicara oleh pasangan soal kebutuhan seksual merasa lebih baik," katanya, seperti dilansir Healthywomen, Selasa (4/4/2017).

Menurut Whipple, wanita-wanita juga hampir dua kali lebih mungkin untuk mengalami orgasme dan jauh lebih menikmati seks jika pasangan berkomunikasi dengannya.

"Salah satu pendekatan yang bisa dilakukan adalah menanyakan bagaimana perasaannya saat ini. Apakah ia sedang ingin bercinta atau ada sesuatu yang khusus yang dia ingin Anda lakukan," ujarnya.

Penting, kata Whipple, untuk memperbaiki suasana hati pasangan dengan mempertimbangkan makan malam di sebuah restoran yang tenang. "Jangan membuatnya merasa bersalah atau seolah-olah dia salah (karena sedang tak ingin bercinta)."

Bila pasangan sering menolak, pertimbangkan juga untuk menemui seorang psikolog seks. Kadang-kadang pihak ketiga yang netral dapat membantu isu-isu intim.

"Saya juga merekomendasikan untuk membawa istri Anda ke dokter dan melakukan pemeriksaan fisik lengkap untuk mencegah kemungkinan depresi. Istri Anda mungkin memiliki apa yang disebut Hypoactive Sexual Desire Disorder atau kurangnya gairah seksual bukan karena efek dari zat, termasuk obat-obatan, atau kondisi medis atau kejiwaan lain," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.