Sukses

Bawang Putih, Santan, dan Putih Telur untuk Atasi Rambut Rontok

Masalah rambut rontok bisa diatasi dengan memperbaiki asupan makanan dan ramuan alami.

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok bisa disebabkan banyak hal, mulai dari nutrisi yang kurang, tidak cocok produk perawatan rambut, hingga anemia. Ya, kadar zat besi yang rendah dalam darah juga bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Untuk mengatasi rambut rontok, selain memperbaiki asupan makanan, ada beberapa cara alami yang bisa Anda terapkan. Seperti misalnya dengan membuat ramuan perawatan rambut yang kami kutip dari laman Femina.id, berikut ini.

1. Ramuan bit

Bit merupakan sumber potassium, vitamin B, vitamin C, fosfor, dan protein yang baik. Itu sebabnya bit sangat tepat untuk membantu pertumbuhan rambut. Bit bisa dikonsumsi sebagai jus.

Sementara sebagai masker rambut, Anda bisa memasak beberapa helai daun bit di dalam air hingga mendidih dan biarkan ramuan mengental seperti pasta. Tambahkan henna untuk membuatnya lebih pekat. Aplikasikan pada kulit kepala dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya hingga bersih.

2. Ramuan bawang putih

Tingginya kandungan allicin pada bawang putih sangat baik untuk proses pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok. Anda bisa menghaluskan 7 hingga 8 butir bawang putih dan mencampurnya dengan air dan minyak zaitun. Aplikasikan pada akar rambut dan bilas setelah beberapa saat. Lakukan perawatan ini selama tiga minggu untuk mendapatkan rambut indah dan tebal. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Santan kelapa

3. Ramuan santan kelapa

Ya, kandungan lemak sehat, mineral, dan protein pada santan kelapa tak hanya membuat rambut tebal, melainkan juga melembapkan dan membuatnya halus serta sehat.

Oleskan satu cangkir santan kelapa pada kulit kepala dan rambut lalu diamkan selama 30 menit. Bilas rambut dengan air dingin dan cuci bersih menggunakan sampo untuk hasil maksimal.

4. Ramuan minyak zaitun

Campur dua sendok makan minyak zaitun dengan dua sendok makan madu. Aduk rata dan tambahkan bubuk kayumanis hingga menyerupai pasta. Oleskan campuran ini pada kulit kepala dan diamkan 15-20 menit untuk membantu menenangkan dan memicu pertumbuhan rambut sebelum membilasnya bersih.

5. Ramuan putih telur

Putih telur ampuh mengatasi rambut rontok karena mengandung protein dan vitamin.

Buat masker rambut rumahan dengan mengocok dua putih telur dan mengoleskannya ke kulit kepala dan rambut. Bilas dengan air dingin setelah setengah jam dan gunakan sampo lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rambut rontok dalam dunia medis disebut sebagai alopesia. Kerontokan merupakan kondisi umum yang memang terjadi pada semua orang.

    Rambut Rontok

  • Bit

Video Terkini