Sukses

Jangan Langsung Sikat Gigi Usai Makan Pempek, Kenapa?

Makanan dan minuman yang mengandung asam seperti cuka pempek menyebabkan gigi sensitif

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan gigi bukan saja dengan rajin sikat gigi setiap hari. Pemilihan menu diet harian sangat penting diperhatikan karena tak semua makanan dan minuman baik untuk gigi. Terlebih bagi Anda yang memiliki masalah gigi sensitif.

Gigi sensitif merupakan salah satu permasalahan gigi ditandai dengan rasa ngilu yang datang secara tiba-tiba. Bahkan menurut dokter gigi spesialis konsultan konservasi gigi, Diatri Nari Ratih, makanan dan minuman dengan kadar asam tinggi seperti soda, buah-buahan sitrus, wine, dan yoghurt dapat menyebabkan erosi email.

"Seperti makan pempek nih, semua pasti suka. Habis makan pempek itu jangan langsung sikat gigi. Walaupun rasanya nggak enak di mulut, tapi at least 30 menit sampai satu jam tunggu dulu biar ada remineralisasi dari ludah karena ludah itu punya kalsium dan fosfat itu kan mineral," kata Diatri usai acara Pepsodent Sensitive Expert Serum Intense Repair 5: Serum Gigi Pertama untuk Solusi Gigi Sensitif di Hotel Veranda, Selasa (4/4/2017).

Untuk mencegah sekaligus merawat gigi sensitif, Diatri menyarankan untuk tidak memilik sikat gigi dengan bulu yang keras dan kasar. Gerakan saat menyikat gigi juga harus diperhatikan.

"Menyikat gigi jangan terlalu keras, gerakan sikat gigi juga seperti bendera merah putih, jadi dari bagian merah dulu yaitu gusi ke bawah," Diatri menuntaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.