Sukses

Gatal di Bagian Perut? Bisa Jadi Alergi Celana Jeans

Liputan6.com, Jakarta Terlalu sering mengenakan celana jeans yang ketat atau longgar bisa menyebabkan beragam masalah bagi tubuh. Bahkan celana jeans juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

Mengutip laman Abc News, Senin (3/4/2017) selain jeans berikut benda-benda yang digunakan sehari-hari yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

1. Jeans

Presiden Allergy and Asthma Care Center, Andy Nish mengatakan kancing logam pada celana atau rok jeans dapat menyebabkan reaksi alergi. Hal ini terjadi akibat logam mengandung nikel dan beberapa orang yang memiliki kulit sensitif akan mengalami reaksi alergi nikel.

Umumnya ruam dan gatal pada perut bagian bawah menjadi salah satu reaksi alergi.

2. Alat makeup mata

Penggunaan makeup yang tidak cocok bukan hanya mengakibatkan jerawat, tapi juga reaksi alergi. Makeup yang paling berisiko dengan reaksi alergi yaitu riasan mata. Menurut Nish, reaksi alergi dari riasan mata biasanya terjadi akibat alat makeup yang sudah kedaluwarsa.

"Makeup yang sudah bertahun-tahun lamanya biasanya akan menimbulkan ruam merah, gatal, dan bersisik di kelopak mata," kata Nish.

3. Perhiasan

Selain ditemukan pada logam kancing celana jeans, alergi nikel juga disebabkan dari penggunaan perhiasan. Seperti emas, logam, perak dan bahan perhiasan lainnya yang mengandung nikel merupakan benda yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

Clifford Bassett, dari American Academy of Allergy, Asthma and Immunology, mencatat banyak wanita yang mengalami reaksi alergi ini. Biasanya kulit menjadi iritasi. Ia menyarankan untuk memakai perak atau emas di atas 18 karat karena tidak memiliki kadar nikel yang tinggi.

Artikel Selanjutnya
4 Tips Cantik Samarkan Mata Bengkak Sehabis Menangis
Artikel Selanjutnya
Lebih Tua, Lebih Muda, Timeless, Ketahui 3 Jenis Celana Jeans Ini