Sukses

Selain Alergi, Risiko Kanker Mengintai Jika Tak Cuci Baju Baru

Selain reaksi alergi, memakai baju baru tanpa dicuci terlebih dahulu juga dapat meningkatkan reaksi kanker.

Liputan6.com, Jakarta Reaksi alergi tak hanya terjadi akibat udara atau makanan dan minuman saja, tapi juga dapat terjadi karena bahan kimia dari baju baru.

Beberapa perusahaan baju menggunakan bahan kimia khusus yang bekerja untuk mencegah pakaian mengkerut usai dicuci. Sayangnya penggunaan bahan kimia tersebut memicu reaksi alergi.

Profesor dermatologi, Donald Belsito dari Columbia University Medical Centre di New York, menegaskan untuk mencuci baju baru setelah Anda membelinya. Penggunaan bahan kimia yang dikenal dengan formaldehida juga bertujuan mengurangi berkembangnya jamur pada bahan, tapi jika baju langsung dikenakan tanpa dicuci justru akan melukai Anda.

Beberapa ilmuwan bahkan mengatakan jika zat kimia tersebut memiliki risiko kanker. Untuk mencegahnya, Balsito menyarankan mencuci semua pakaian baru sebanyak dua kali. 

"Bilas hingga warna dari pakaian keluar dan gosok di bagian yang sering berkeringat seperti kerah dan ketiak," kata Balsito dikutip dari Daily Mail, Senin (3/4/2017).

Wall Street Journal menambahkan agar berhati-hati saat mencoba pakaian di toko baju. Karena selain reaksi alergi terdapat kemungkinan besar kutu bisa bersembunyi dan menularkan penyakit tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.