Sukses

Konsumsi Kacang Tanah untuk Mencegah Penyakit Jantung

Anda bisa terhindar dari penyakit jantung dengan makan kacang.

Liputan6.com, Amerika Serikat Makan kacang dapat membantu melindungi diri terhadap penyakit jantung. Kondisi yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Temuan ini berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Nutrition pada 30 Maret 2017.

Para peneliti dari Pennsylvania State University, Amerika Serikat melakukan penelitian terhadap 15 pria sehat yang gemuk dan obesitas. Mereka diminta makan kacang sekitar 85 gram (ukuran rata-rata porsi).

Sampel darah yang diambil dari para peserta, ada pengurangan 32 persen trigliserida (jenis lemak yang ditemukan dalam aliran darah) setelah mengonsumsi kacang.

Artinya, makan kacang dapat menjaga kesehatan sel-sel yang melapisi arteri, yang membantu lebih elastis.

“Biasanya tiap kali kita makan sesuatu, apa yang dimakan dapat menyebabkan arteri menjadi sedikit kaku--volume darah yang mengalir pada arteri berkurang. Kondisi ini terjadi setelah makan. Tapi kami menunjukkan, bila Anda makan kacang tanah dapat mencegah timbulnya kaku pada arteri,” kata Penny Kris-Etherton dari Pennsylvania State University, dikutip dari The Indian Express, Jumat (31/3/2017).

Arteri yang kaku dapat membatasi aliran darah ke seluruh tubuh, yang menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Anda bisa berisiko terkena gangguan kardiovaskular (penyakit jantung).

“Jantung yang bekerja lebih keras selama periode waktu yang panjang bisa mengakibatkan seseorang menderita gagal jantung,” lanjut Kris-Etherton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.