Sukses

5 Langkah Cek Kesehatan Payudara yang Harus Wanita Ketahui

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), penting dilakukan oleh setiap wanita setiap bulannya.

Liputan6.com, Jakarta Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), penting dilakukan oleh setiap wanita setiap bulannya, disamping melakukan tes mamogram tahunan ataupun tes uji klinis lainnya. Karena, dengan mengetahui perubahan siklus dan perubahan yang terjadi pada payudara Anda setiap bulannya, adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan payudara yang Anda miliki.

SADARI biasanya hanya membutuhkan waktu selama 15 menit saja setiap bulannya. Perlu diketahui juga, bahwa jaringan payudara sebenarnya tidak hanya terletak di bagian payudara Anda saja, namun memanjang dari bawah puting dan areola sampai ke ketiak Anda.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan sebuah cermin untuk melihat kedua payudara, serta bantal untuk kepala dan bahu Anda. Berikut ini adalah langkah demi langkah cara untuk melakukan SADARI di rumah guna menyelamatkan diri dari kanker payudara, seperti dilansir dari Verywell, Rabu (1/3/2017):

1. Tangan di pinggang

Untuk melakukannya, pertama, buka baju Anda dahulu lalu berdirilah di depan cermin. Kemudian, letakkan kedua tangan di pinggang dan periksa penampilan kedua payudara Anda. Lihat mulai dari ukuran, bentuk, kontur, puting, dan areola, untuk mengetahui seberapa sehat mereka terlihat oleh Anda.

2. Tangan di atas kepala

Tetap berdiri di depan cermin, lalu angkat kedua tangan Anda ke belakang kepala dan perhatikan apakah payudara Anda bergerak dengan cara yang sama. Jangan lupa perhatikan juga jika ada perbedaan atau perubahan walaupun hanya sedikit.

Selain itu, perhatikan juga apakah ada lesung, benjolan, atau lekukan di payudara Anda, serta apakah ada pembengkakan kelenjar getah bening di area bawah ketiak Anda.

3. Berdiri dan tekan

Angkat lengan kiri anda hingga ke atas kepala, lalu gunakan jari tangan kanan Anda untuk menekan lembut payudara kiri. Tekan mulai dari area atas hingga area bawah payudara, kemudian tekan dari arah dalam payudara hingga ke area ketiak. Anda juga bisa melakukan gerakan secara melingkar. Saat menekannya, perhatikan jika ada perubahan pada tekstur, warna, atau ukuran payudara. Ulangi cara ini ke payudara kanan Anda.

Cara ini paling baik dilakukan di kamar mandi saat kulit Anda basah terkena air, karena kulit yang basah akan lebih tahan terhadap gesekan jari-jari Anda.

4. Periksa puting

Tetap berdiri di depan cermin lalu turunkan kedua lengan Anda. gunakan jari telunjuk dan jari tengah tagnan kanan Anda, kemudian pencet dan tarik dengan lembut puting payudara kiri Anda. Perhatikan, apakah puting setelah dipencet kembali seperti semula? Atau, apakah setelah ditarik, puting tertarik kembali seperti sedia kala? Selain itu lihat juga, apakah ada cairan yang keluar dari puting setelah dipencet. Ulangi cara ini pada puting sebelah kanan.

5. Berbaring dan usap

Berbaring terlebih dahulu di atas kasur Anda, lalu letakkan bantal di bawah kepala dan bahu kiri Anda. Kemudian, gunakan tangan kanan Anda untuk mengusap payudara dan ketiak bagian bawah seperti yang Anda lakukan sebelumnya. Perhatikan jika ada perubahan pada tekstur, warna, atau ukuran payudara Anda. ulangi cara ini pada payudara kanan.

Jika Anda belum memasuki masa menopause, yang terbaik ialah secara rutin, coba tetapkan waktu yang tepat untuk memeriksa payudara Anda, beberapa hari setelah haid berakhir. Karena pada saat ini, tingkat hormon relatif stabil, dan payudara tidak begitu empuk.

Namun jika Anda sudah masuk masa menopause, pilih hari tertentu dalam sebulan untuk melakukan SADARI, kemudian ulangi SADARI dihari yang sama setiap bulannya.

Jangan lupa untuk melaporkan setiap perubahan atau nyeri yang biasanya tidak pernah terjadi pada dokter atau perawat praktisi. Anda juga bisa mencatat setiap perubahan tersebut pada buku, untuk membantu mengingatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini