Sukses

Lakukan 4 Hal Ini Jika Kaki dan Tangan Kerap Terasa Dingin

Apa yang bisa Anda lakukan untuk menghangatkan kembali tangan dan telapak kaki yang dingin?

Liputan6.com, Jakarta Saat tangan atau telapak kaki Anda sering terasa dingin, mungkin Anda mengira bahwa hal tersebut disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Namun ternyata tak selalu disebabkan oleh hal itu.

Menurut seorang ahli intervensi jantung dari Stanford University, Dr. Chirag Chauhan, tangan dan telapak kaki yang dingin biasanya bukan merupakan indikator dari sirkulasi darah yang buruk, melainkan karena mikrosirkulasi, yaitu sirkulasi peredaran darah kecil ke kapiler Anda.

“Ketika tangan dan kaki Anda dingin, kemungkinan karena pembuluh darah kecil di tubuh Anda mengkerut atau menyempit. Biasanya hal ini tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi suatu gejala dari sesuatu yang lebih serius, sehingga layak untuk diperiksakan ke dokter Anda,” ujarnya.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk menghangatkan kembali tangan dan telapak kaki yang dingin? Berikut ini adalah empat hal yang bisa dilakukan, seperti dilansir dari Purewow, Sabtu (1/4/2017):

1. Bergerak lebih banyak lagi

Jika Anda sudah duduk terlalu lama, terutama dalam ruangan yang dingin, maka sudah saatnya untuk menggerakan tubuh lebih banyak lagi. Selain itu, olahraga rutin juga bisa membantu mengatasi hal ini. 

 

Setop merokok

2. Jangan merokok

Salah satu hal yang memiliki dampak negatif langsung terhadap aliran darah adalah merokok. Bahkan, merokok juga bisa menimbulkan masalah komplikasi serius lainnya di tubuh, sehingga sangat bagus sekali jika Anda sedari dini berusaha untuk berhenti merokok.

3. Hangatkan segera

Jika melihat jari-jari Anda mulai memutih karena kedinginan, maka segera lakukan hal-hal yang bisa menghangatkannya. Bisa dengan mencuci atau merendam tangan dalam air hangat, atau bisa juga dengan menempatkan tangan di lipatan lengan atau di bawah paha jika posisi Anda sedang duduk.

4. Pijatan

Menurut sebuah studi, ada beberapa hasil positif yang bisa didapatkan dari sebuah pijatan, salah satunya untuk melancarkan aliran darah. Dengan begitu, tangan dan telapak kaki Anda yang dingin bisa lebih terasa hangat setelah dipijat. (Tassa Marita)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini