Sukses

Otot Lebih Kuat Jika Minum Kopi Sebelum Olahraga

Minum kopi sebelum olahraga dapat memberikan beberapa keuntungan bagi tubuh, khususnya otot Anda.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa atlet punya kebiasaan minum kopi sebelum latihan juga bertanding. Tidak lain karena minum kopi sebelum olahraga, memberikan kekuatan yang lebih besar untuk tubuh.

Tak hanya itu, minum kopi sebelum olahraga mengurangi rasa nyeri selama beraktivitas fisik.

Seperti dikutip Health, Jumat (31/3/2017) para ilmuwan dari University of Illinois menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi satu jam sebelum olahraga dapat mengurangi rasa nyeri pada otot.

Hal ini terjadi karena kafein dapat membantu tubuh lebih kuat dari biasanya.

Studi lanjutan yang dilakukan ilmuwan olahraga dari Coventry University, juga menemukan kafein mampu membantu menguatkan otot jika dikonsumsi sebelum olahraga.

Studi yang diujicobakan pada hewan ini menghasilkan efek protektif yang terlihat dari diafragma, otot utama yang digunakan untuk bernapas, serta otot rangka.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kafein dapat membantu menjaga kebugaran tubuh secara menyeluruh dan mengurangi risiko cedera yang mungkin terjadi saat olahraga.

Meski kopi menawarkan banyak manfaat, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi kopi lebih dari 400 miligram per harinya. Selain itu selama latihan Anda juga diwajibkan untuk mencukupi kebutuhan air putih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini