Sukses

Tips Membuat Kopi Anda Jadi Lebih Sehat

Berikut ini adalah cara untuk membuat kopi Anda menjadi lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta Minum kopi menjadi kegemaran banyak orang. Banyak penelitian juga telah membuktikan kopi ternyata baik untuk tubuh. Sayangnya, kandungan baik dari kopi bisa hilang karena kebiasaan dan campuran kandungan lain.

Berikut ini adalah cara untuk membuat kopi Anda menjadi lebih sehat, melansir laman Authority Nutrition, Jumat (31/3/2017).

1. Jangan biasakan menyeduh kopi di atas jam 14.00

Biasanya, ketika jam menunjukkan pukul 14.00 atau di atasnya, tubuh dalam keadaan lelah dan mengantuk akibat pekerjaan yang telah dilakukan seharian. Kopi tentunya dapat meningkatkan energi sehingga Anda dapat tetap terjaga dan menjadi lebih fokus. Namun sering minum kopi pada jam tersebut ternyata dapat mengganggu jam tidur Anda karena waktu terjaga jadi lebih panjang. Jam tidur yang tidak teratur dapat membuat kita kurang tidur hingga akhirnya malah menimbulkan masalah kesehatan.

2. Jangan menambahkan terlalu banyak gula pada kopi

Setiap orang menyukai rasa yang berbeda-beda termasuk dalam hal racikan kopi. Orang-orang yang menghindari rasa pahit kopi akan menambahkan gula lebih banyak. Padahal tindakan tersebut justru salah. Kandungan fruktosa dalam gula dapat menjurus pada obesitas dan diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jika Anda ingin kopi terasa lebih manis, sebaiknya gunakan pemanis alami dengan sedikit kalori yang justru baik untuk kesehatan.

3. Pilih kopi organik

Sama halnya seperti sayuran, kualitas kopi akan baik jika mendapatkan metode dan proses pengolahan organik. Sayangnya untuk menjaga kualitas tumbuhan ataupun sayuran biasanya petani menyemprotkan petisida dan herbisida dengan banyak campuran kimia dan toksin. Jika dikonsumsi terus-menerus akan mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh.  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Campurkan kayu manis dan cokelat

4. Campurkan kayu manis dan cokelat pada kopi

Kayu manis merupakan herbal yang cocok dicampurkan dengan kopi. Selain itu, kayu manis juga memiliki banyak manfaat kesehatan salah satunya seperti menurunkan gula darah dan kolesterol.

Kemudian, cokelat juga kaya akan antioksidan yang dapat memberikan kebaikan untuk kesehatan tubuh. Salah satunya menurunkan risiko penyakit jantung. Anda bisa campurkan bubuk coklat tanpa pemanis pada kopi.

5. Gunakan Paper Filter

Setiap kopi memiliki kandungan kafetol dan diterpenes yang dapat meningkatkan kolesterol dalam darah. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah menggunakan paper filter dalam tahapan memasak kopi (brewed coffee).

Paper filter efektif menyaring diterpenes dan kafetol tanpa menghilangkan kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi.

Dr. Rob van Dam dari School of Public Health mengusulkan kopi instan dapat menjadi alternatif untuk orang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi namun tetap ingin mengonsumsi kopi. (Aida Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini