Sukses

Gizi di Balik Merahnya Stroberi

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya rasanya yang lezat, buah stroberi juga menyimpan beragam nutrisi untuk kesehatan tubuh. Dalam satu buah stroberi kita bisa dapatkan antioksidan, asam folat, potassium (kalium), Vitamin C, dan serat yang bermanfaat untuk pencernaan.

Karena itu, banyak orang memanfaatkannya untuk pelengkap beragam bahan makanan atau diolah sebagai bahan utama. Selain bisa langsung dikonsumsi, stroberi juga bisa diolah menjadi berbagai macam penganan lain seperti es krim, selai, kue, yoghurt, minuman koktail.

Berikut kandungan gizi lain dari buah yang cocok berkembang di dataran tinggi ini :

Mangan
Merupakan jenis mineral yang penting untuk tubuh. 1 cup stroberi mengandung sekitar 0.56 mg mineral yang dapat mencukupi 1/3 kebutuhan harian orang dewasa. Mangan berperan dalam proses enzimatik tubuh, faktor pembekuan darah dan hormon seks.

Selain itu mangan juga ikut membentuk tulang, fungsi saraf dan otak. Mangan juga bagian dari antioksidan enzim superoksida dismutase. Fungsinya menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Vitamin C
1 cup strawberry mengandung 85 mg Vitamin C yang dapat memenuhi 113 persen angka kecukupan harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa dan 94 persen untuk pria dewasa. Stroberi mengandung Vitamin C yang lebih tinggi bila dibanding jeruk dengan kandungan kalori yang lebih rendah.

Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh serta membentuk kolagen untuk membantu proses penyembuhan luka. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dan mencegah anemia (defisiensi besi).

Fitokimia
Stroberi mengandung zat fitokimia antara lain asam fenolat, tannin, antosianin dan flavanol. Seluruhnya berfungsi sebagai antioksidan, anti peradangan dan dapat mencegah penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit degeneratif pada otak dan keganasan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, berikut cara mengelola buah stoberi :

- Pilihlah stroberi saat sedang musimnya
- Masukkan stroberi dalam menu diet dan konsumsi paling tidak beberapa kali per minggu
- Pilih stroberi organik untuk mengurangi paparan pestisida
- Cuci stroberi dengan air bersih yang mengalir sebelum dikonsumsi.

 

Artikel Selanjutnya
Bahaya, Tren Camilan Manis untuk Anak Terus Meningkat
Artikel Selanjutnya
Mengejutkan, Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan Secara Utuh