Sukses

Olahraga di Akhir Pekan Saja, Apa Manfaatnya?

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan ditambah dengan tugas rumah tangga menumpuk membuat sebagian orang tidak sempat olahraga di hari kerja. Alhasil, akhir pekan jadi ajang balas dendam untuk berolahraga.

Menurut peneliti dari Loughborough University dan University of Sydney, orang yang melakukan olahraga di akhir pekan saja sudah mampu memberikan manfaat kesehatan secara signifikan. Bahkan manfaatnya mampu mengurangi risiko kematian dini seperti orang yang rutin melakukan olahraga.

Pebalap sepeda, M Fadli (tengah) saat berlatih di jalan Raya Puncak Cianjur, Bogor, Kamis (23/2). Usai amputasi sebagian kaki kirinya, M Fadli menyatakan pensiun dari balap motor dan menekuni balap sepeda untuk difabel. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Fakta menarik ini diketahui lewat studi melibatkan 64 ribu orang usia 40 tahun di Inggris dan Skotlandia. Orang yang rutin berolahraga satu atau dua hari setiap minggu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular 41 persen dan kanker 18 persen.

Sementara, mereka yang rutin melakukan olahraga lebih dari dua hari seminggu risiko terkena penyakit kardiovaskular menurun 41 persen dan kanker 21 persen.

Sehingga bagi Anda yang olahraga di akhir pekan tidak perlu terlau merasa bersalah. "Banyak orang menikmati olahraga di akhir pekan, tapi merasa tidak cukup. Namun, kami menemukan manfaat nyata, karena tetap bisa membuat bugar dan sehat," kata peneliti, Gary O'Donovan.

Berdasarkan rekomendasi pakar, untuk tetap sehat orang dewasa sebaiknya rutin melakukan olahraga 150 menit seminggu. Seperti bersepeda atau jalan cepat.

 

 

Artikel Selanjutnya
5 Ciri yang Dilakukan oleh Orang 'Gagal' Selama Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
Libur Panjang Tapi Tetap Harus Kerja? Ini 4 Triknya