Sukses

Punya Anjing Peliharaan Bantu Anak Lebih Cepat Membaca

Anjing peliharaan dipercaya dapat membantu dan mendukung anak lebih pintar dan cepat membaca.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya mengajarkan si kecil untuk dapat menyayangi semua makhluk ciptaan Tuhan, memiliki binatang--khususnya anjing peliharaan--dapat memengaruhi kemampuan baca anak.

Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian pada 2012 yang dilakukan oleh The UK Department for Education’s Reading for Pleasure. Penulis makalah, Keith Stanovich, mengatakan, anjing yang dikenal setia dan pendengar yang baik memberikan dampak positif terkait kemampuan membaca dan kognitif anak.

Menurut Reading Education Assistance Dogs (READ,) umumnya anak yang memiliki anjing peliharaan tumbuh dengan tingkat inisiatif yang tinggi. Ditambah, anak-anak yang memiliki anjing peliharaan di rumah akan sering bermain bersama. Menurut READ, tak sedikit juga anak yang spontan membacakan cerita di samping anjing peliharaannya.

Bagi anak, anjing peliharaan adalah pendengar setia mereka di tengah aktivitas membacanya. Meskipun si kecil salah dalam membaca, anjing peliharaannya tak akan mengomentari atau memarahi mereka. Sehingga menurut READ proses ini sekaligus mampu membangun kepercayaan diri anak dalam belajar membaca.

“Jika kita ingin anak-anak lebih baik belajar membaca, kita harus menemukan cara untuk mendorong anak agar semakin sering dan lebih banyak membaca,” kata penulis READ dikutip dari The Conversation, Kamis (30/3/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.