Sukses

Anjuran Diet untuk Ginjal Sehat Seumur Hidup

Berikut anjuran diet untuk menjaga kesehatan ginjal Anda seumur hidup:

Liputan6.com, Jakarta Selain menjaga asupan air untuk menjaga kesehatan ginjal Anda, beberapa kriteria makanan berikut juga direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari agar terhindar dari masalah atau penyakit ginjal.

Melansir laman Health Eating, Rabu (29/3/2017) berikut anjuran diet untuk menjaga kesehatan ginjal Anda seumur hidup:

1. Penuhi asupan cairan

Terhidrasi menjadi kunci utama untu mencegah sekaligus mengobati masalah ginjal. Selain air mineral, Anda juga disarankan untuk minum jus buah, jahe atau teh. Penting juga untuk meminimalisir minuman berkafein setiap harinya.

2. Buah dan sayur

Buah dan sayuran dapat meningkatkan fungsi ginjal lebih baik dan sehat. Konsumsilah buah berikut ini, seperti dikutip Your Kidneys :

- Blueberry

Buah kecil nan segar ini mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanidins. Kandungan ini efektif mengurangi peradangan dan mencegah masalah ginjal.

- Stroberi

Stroberi kaya akan antioksidan juga vitamin yang dapat menjaga ginjal tetap sehat. Anda bisa mengonsumsi stroberi setiap hari dengan cara mengolah menjadi jus atau memakannya dengan utuh. 

- Ceri

Ceri yang bersifat antioksidan jika dikonsumsi setiap hari mampu mengurangi peradangan dan baik untuk kesehatan ginjal.

3. Makanan tinggi zat besi

Ginjal memainkan peran dalam produksi sel darah merah, tapi jika jumlah sel darah merah terlalu rendah, Anda memerlukan asupan makanan yang tinggi zat besi.

Konsumsilah sayuran berdaun hijau dan telur yang dapat meningkatkan asupan zat besi sekaligus mencegah masalah ginjal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini