Sukses

Ilmuwan Gunakan Bayam untuk Pengganti Jantung Manusia

Liputan6.com, Jakarta Sayur bayam ternyata tidak hanya bagus untuk tubuh. Hal yang mengejutkan dari penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa daun bayam bisa digunakan untuk mengganti jaringan jantung manusia yang rusak.

Melansir Live Science, Rabu (29/3/2017) peneliti dari Massachusetts's Worcester Polytechnic Institute melihat potensi dari daun bayam untuk jantung, sampai saat ini masih mengembangkan penelitian tersebut.

"Ketika aku melihat daun bayam, batang-batang pada daun mengingatkanku pada pembuluh darah arteri," ujar Joshua Gershlak, Ketua Tim Peneliti Worcester Polytechnic Institute.

Inspirasi ini didapatkannya ketika makan siang dengan menu dedaunan hijau yang salah satunya adalah bayam. Kemudian Gershlak berpikir banyaknya masalah mengenai kurangnya donor transplantasi.

Untuk membuat organ tiruan dibutuhkan inovasi yang hampir mirip dengan organ asli manusia sampai saat ini masih mengalami kendala.

"Salah satu kesulitan untuk membuat organ tiruan jantung memerlukan fungsi otot yang membuat aliran darah dapat bekerja," ujar Professor Biomedical Engineering WPI, Gleen Gaduette.

Transformasi bayam. Credit: Worcester Polytechnic Institute/LiveScience

Daun bayam merupakan salah satu alternatif yang menguntungkan karena dikembangkan dari alam dan juga mudah didapatkan. Tahap awal yang dilakukan adalah daun bayam harus dibuat tembus pandang dengan menggunakan deterjen.

Tujuannya untuk mendapatkan stuktur pada daun yang mirip seperti pembuluh darah dan menghilangkan bagian-bagian lain pada daun. Setelah itu daun bayam akan menyisakan bagian selulosa. Fungsi selulosa sering kali digunakan sebagai aplikasi regeneratif jaringan pada tubuh seperti tulang ataupun luka.

Percobaan yang dilakukan dengan menggunakan pewarna bukan darah mampu membuat sel otot mulai berdetak. Hal ini hampir mirip seperti cara kerja jantung.

Walaupun belum diketahui secara pasti bahwa jaringan dari daun bayam akan aman untuk digunakan oleh manusia. Tapi penelitian ini telah mendapat respons yang postif untuk kedepannya.

Selain memiliki nilai yang ekonomis, organ-organ tiruan yang dibuat dari bahan tumbuhan seperti bayam dapat memberikan keuntungan di bidang biomedis. (Aida Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini