Sukses

Saat Lakukan Pertahanan Diri, Benda Sederhana Ini Bisa Dipakai

Bila lawan menghadang kita menggunakan senjata atau alat, sebaiknya dalam melakukan pertahanan diri menggunakan sesuatu di sekitar kita

Liputan6.com, Jakarta Kejahatan bisa hadir kapan dan dimana saja. Acapkali orang jahat datang menodong atau menjambret dengan membawa benda tajam. Bila lawan menghadang kita menggunakan senjata atau alat, sebaiknya dalam melakukan pertahanan diri (self defense) menggunakan sesuatu di sekitar kita sebagai alat.

"Misalnya lawan bawa pisau, lalu kita tangan kosong. Kemungkinan besar yang tangan kosong kalah. Jadi manfaatkan benda-benda milik kita sebagai alat bantu pertahanan diri," kata instruktur Syena Martial Arts Center, Joe Uno, ditulis Kamis (30/3/2017).

Salah satu yang bisa dimanfaatka adalah handphone. Kekuatan handphone bisa digunakan untuk memukul pergelangan tangan ataupun matanya. Saat dia kesakitan merupakan kesempatan bagi korban untuk melarikan diri.

Lalu, bisa juga menggunakan kunci rumah atau kuncil mobil. Pulpen plastik maupun pulpen besi juga bisa digunakan sebagai alat untuk mempertahankan diri.

Bagi orang yang pekerjaannya rentan dengan tindakan kejahatan, Joe menyarankan untuk membeli papper spray. Ada beberapa papper spray yang saat disemprotkan radius 5 meter sudah bisa memberi efek pada lawan. Saat matanya pedih, saatnya bagi korban untuk melarikan diri dari kondisi tersebut.

"Pastikan saat melakukan pertahanan diri harus sepenuhnya, jangan setengah-setengah," pesan Joe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini