Sukses

Perut Rata dalam Sebulan Bukan Hal Mustahil, Tapi...

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan perut rata dalam waktu empat minggu bukan sesuatu yang tidak mungkin. Tidak usah makan selama kurun waktu tersebut, perut dijamin rata. Hanya saja perut tidak kencang melainkan kendur.

"Perut rata dalam satu bulan bisa saja. Namun, untuk membentuknya menjadi bentuk yang baik, dalam arti kencang, kelihatan kontur ototnya, waktu satu tahun pun belum tentu dapat," kata Spesialis Kesehatan Olahraga dari Slim and Health di Rumah Sakit Mitra Jakarta, Michael Triangto saat dihubungi Health Liputan6.com pada Rabu (29/3/2017)

Michael, mengatakan, perut besar yang dimiliki orang yang menginginkan perut rata harus dikecilkan dulu.

Setelah proses pengecilan (turun berat badan) berhasil, masuk ke dalam fase mengencangkan otot-otot di perut sehingga perut rata itu tidak kendur.

"Fasenya adalah fase massa toning. Kalau fase untuk mengecilkan perut disebut fase body slim," ujarnya.

Perut Rata

Selama membuka praktik di kawasan Taman Anggrek, Dr Michael sering mendapatkan pasien yang menginginkan perut rata, lengan tidak kendur, dada kencang, dan pantat naik tapi berat badan tidak naik.

Baginya, itu adalah permintaan yang tidak mungkin alias mustahil. Karena begitu tangan lebih berotot, pantat naik berarti berotot juga, dan dada semakin besar, secara otomatis berat badannya pasti naik.

"Terkadang orang tidak mengerti kalau mereka, ibaratnya, sedang diiming-imingin supaya mau membeli produk yang dijual ke mereka," kata Michael.

Ketika menginginkan perut rata, orang tersebut harus menikmati prosesnya. Sehingga dia tahu sulitnya mendapatkan bentuk badan yang diinginkan.

"Kalau tidak, nanti hanya terpancing dengan menggunakan obat, produk tertentu, atau krim. Atau tergiur mencoba metode-metode tertentu, seperti akupuntur, sedot lemak, dan tummy tuck," kata Michael menambahkan.

Tak banyak yang tahu apa itu prosedur tummy tuck. Prosedur ini berupa membuat sayatan dari sisi paling luar sebelah kiri di perut ke kanan.

"Kemudian, perut itu diseset kulitnya lalu dipisahkan. Kemudian lagi, lemak yang mungkin bisa dikeluarkan dibuang. Nah, kulit itu ditarik dan kelebihan itu dipotong dan dijahit," kata Michael menjelaskan.

Bila dibayangkan bagaimana prosedur tummy tuck dilakukan, kesan seram pun muncul seketika. "Tidak seram. Artis kita banyak yang begitu, karena mereka butuh yang instan. Namun, percuma, karena tidak mengubah mindset mereka," katanya.

Perut Rata

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapatkan Perut Rata Butuh Proses

Dapatkan perut rata dan kencang memang butuh waktu yang lama

Ada pun alasannya, untuk menjamin keamanan dari proses tersebut. Sekaligus mendidik pasien agar dapat mempertahankan hasil tersebut untuk jangka panjang.

"Oleh karena itu, banyak orang yang sudah sedot lemak, kemudian gemuk lagi. Karena mereka tidak pernah tahu sulitnya seperti apa," ujar Michael Triangto.

Meski operasi yang berjalan satu kali menghasilkan perut rata dan kulit yang kencang, bukan berarti yang bersangkutan tidak bisa gemuk lagi.

"Oleh karena itu, yang bersangkutan harus sadar bahwa sejatinya menurunkan berat badan itu tidak mudah. Butuh waktu dan edukasi," katanya.

Kaum muda pun diakui Michael mulai banyak yang tergiur melakukan prosedur semacam ini. Tak lain karena cenderung mudah dan cepat mendapatkan perut rata yang diinginkan.

"Tidak bisa disalahkan juga. Itu hak asasi manusia. Kita sebagai insan yang bekerja di dunia medis, harus memberikan sesuatu yang sehat, baik, juga aman," kata Michael.

"Melalui edukasi tadi, pasien jadi mengerti proses yang dia lakukan," katanya menambahkan.

Dengan kata lain, seseorang bisa saja mendapatkan perut rata selama satu bulan. Namun, apakah mau sekadar rata saja? Tentunya, kita juga menginginkan perut rata yang kencang, bukan?

"Kalau dia bilang mau bikin perut rata, dengan tidak makan apa-apa, makan sayur saja selama satu bulan, siapa bilang itu tidak bisa terjadi? Bisa, tapi itu kendur, karena ototnya kendur," kata Michael.

"Kendur seperti itu tidak akan mendapatkan perut yang bagus. Dan, tidak akan bisa tahan lama. Siapa yang bisa melarang orang tersebut untuk tidak makan berlebihan? Ada yang menjamin kalau makanamnya tidak amburadul lagi?" katanya menekankan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan perut rata, lakukan olahraga yang benar, dengan terlebih dahulu melakukan konsultasi ke ahlinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini