Sukses

5 Tips Jaga Kesehatan Gigi untuk Ibu Hamil

Ibu hamil perlu menjaga kesehatan gigi yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Ibu hamil perlu memeriksakan kesehatan gigi dan gusi. Sebab selama masa kehamilan, ada beberapa kondisi yang bisa terjadi seperti gigi berlubang, enamel gigi rusak, dan penyakit periodontal (gigi goyah).

Ahli dokter gigi terkemuka asal Australia, Professor Matt Hopcraft memberikan tips untuk menjaga kesehatan mulut selama kehamilan, sesuai ditulis dari My Body and Soul, Rabu (29/3/2017).

1. Berkumur dengan  air

Morning sickness adalah gejala paling umum selama trimester pertama kehamilan. Kondisi ini dapat meningkatkan kadar keasaman di dalam mulut sehingga menyebabkan enamel gigi terkikis.

Sebelum menyikat gigi langsung, sebaiknya berkumur dahulu dengan air. Ini akan memberikan waktu bagi air liur untuk menetralkan efek asam. Sikat gigi sekitar 60 menit kemudian.

2. Sikat gigi dan pasta gigi yang tepat

Selama kehamilan, perubahan hormonal estrogen (hormon seks wanita) dan progesteron (hormon mengatur siklus menstruasi) dapat menyebabkan darah lebih banyak mengalir ke gusi. Hal ini menyebabkan gusi lebih rentan terhadap bakteri atau plak.

Akibatnya, gusi menjadi radang, bengkak dan mudah berdarah. Jika gusi Anda sangat sensitif, cobalah cari bulu sikat gigi yang halus dan nyaman. Gunakan pasta gigi yang sesuai dengan permasalahan gigi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersihkan gigi secara teratur

3. Bersihkan gigi secara teratur

Selama kehamilan, wanita cenderung lebih sering makan dan minum. Nafsu makan yang lebih besar ini muncul karena asupan gula, yang dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

Untuk itu, ibu hamil tetap rutin menyikat selama dua menit, dua kali sehari, dan membersihkan gigi secara teratur. Berikan perhatian khusus pada gigi belakang yang berpotensi menimbun lebih banyak plak. Plak lebih sulit dijangkau pada gigi belakang.

4. Konsumsi makanan sehat

Apa yang Anda makan selama kehamilan tak hanya memengaruhi kesehatan Anda, tapi juga janin.

Pertahankan nutrisi yang baik dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat, yang mengandung lebih banyak kalsium, fosfor, protein, vitamin A, vitamin D, dan vitamin C.

Asupan kalsium antara bulan ketiga dan keenam kehamilan sangat dibutuhkan karena pada tahap kehamilan ini gigi bayi mulai berkembang.

Untuk ketercukupan kalsium pada makanan sehat, Anda bisa memasak brokoli dan omelet untuk sarapan.

3 dari 3 halaman

Pemeriksaan rutin ke dokter gigi

5. Pemeriksaan rutin ke dokter gigi

Sebaiknya, pemeriksaan rutin ke dokter gigi saat sebelum, selama, dan setelah kehamilan perlu dilakukan. Jadwalkan kunjungan ke dokter gigi sebelum hamil untuk mengatasi masalah gigi yang sudah ada.

Jika berkunjung ke dokter gigi pada trimester pertama, biarkan dokter gigi tahu kalau Anda sedang hamil dan hanya pergi untuk check-up dan pembersihan gigi rutin.

Check-up termasuk cara sederhana untuk memastikan, tiap masalah gigi yang mungkin timbul saat hamil sehingga dapat diketahui secara dini dan diobati dengan mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.