Sukses

Gerakan 50k Kantong Darah, Kaum Muda Berani Donor Darah

Tahun ini PT Bintang Toedjoe selaku produsen Extra Joss Blend kembali menggagas aksi kemanusiaan donor darah dengan menggandeng PMI.

Liputan6.com, Jakarta Donor darah mendatangkan manfaat tak hanya bagi mereka yang membutuhkan pasokan darah, melainkan juga pelaku donornya. Berbagai keuntungan bisa dirasakan pendonornya, antara lain tubuh jadi lebih fit dan bisa mendeteksi kondisi kesehatan tubuh.

Tahun ini PT Bintang Toedjoe selaku produsen Extra Joss Blend kembali menggagas aksi kemanusiaan donor darah dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI). Mengusung tema Donor Darah - Ngeblend No Fear!, acara ini akan berpusat di RPTRA Kalijodo, Jakarta Barat pada 29 Maret 2017.

“Sesuai temanya, Blend ingin mengajak anak muda untuk berani atau tidak takut untuk menyumbangkan darahnya dalam Gerakan 50k (50 ribu) kantong darah,” ujar Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe, Simon Jonatan, Rabu (29/3), melalui siaran pers.

Untuk mewujudkan itu, B7 berperan aktif di berbagai komunitas dan mengajak donor mulai dari komunitas Youtubers, futsal, basket, clothing, dan lain-lain. Para artis muda dan atlet nasional Indonesia pun turut dilibatkan. Mereka antara lain Jessica Mila, Mischa Chandrawinata, Marsha Aruan dan pebasket Vamiga Michael.

“Mereka mewakili elemen bangsa sekaligus kaum muda yang berjuang bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga sebagai inspirator dan contoh yang real dalam menyuarakan gerakan nasional Donor Darah - Ngeblend No Fear!” sambung Simon.

PMI mengapresiasi dan menyambut baik langkah Extra Joss Blend dalam aksi donor darah tahun 2017. Mereka berharap kegiatan ini akan menjadi tonggak baru bagi PMI dalam mencapai target kantong darah yang sudah dicanangkan.

“Gerakan ini merupakan salah satu langkah yang sangat membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah secara nasional. kebutuhan darah di Indonesia sesuai dengan standar World Health Organization (WHO), yaitu dua persen dari total penduduk, artinya Indonesia membutuhkan sekitar lima Juta Kantong darah pertahun,” ujar Pelaksana harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita.

Tak ketinggalan, para artis dan atlet muda yang dilibatkan dalam gerakan ini pun menyambut baik upaya yang digagas PT Bintang Toedjoe. “Saya belum pernah melakukan donor darah, sampai akhirnya ada gerakan ini dan saya ikut bergabung bersamanya,” ucap Mischa Chandrawinata.

Pemilik Jakcloth, Ucok Nasution, mengatakan akan memfasilitasi dan memberikan ruang untuk PMI dan gerakan donor darah di acara puncak di Jakcloth Jakarta. “Ini adalah untuk kemanusiaan dan anak muda harus berada di garis depan,” pungkasnya.

Pemain basket Nasional Vamiga Michael pun mendukung gerakan 50 ribu kantong darah ini. “Ayo kita dukung untuk capai 50 ribu kantong darah, datang di 2 april di 84 kota, dan 6 Mei di Jakcloth Jakarta,” ujarnya.

Selain melakukan aksi donor darah pada 29 Maret di RPTRA Kalijodo, Extra Joss Blend pun akan melakukan donor darah serentak pada 2 April 2017 di 84 kota se-Indonesia. Simon Jonatan berharap gerakan donor darah paling massive itu akan mendapat hasil baik. Mewakili Extra Joss Blend, tak lupa ia pun mengajak brand dan korporasi lain turut serta dalam gerakan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.