Sukses

Cara Bantu Anak Sesuaikan Jam Tidur

Liputan6.com, Jakarta Ada kalanya, kegiatan menyenangkan yang dilakukan Anda bersama anak dilakukan sampai larut malam. Jam tidur anak yang biasanya normal pun akan mengalami pergeseran waktu yang akan memengaruhi emosional nak.

Menurut seorang pakar tidur, Dave Gibson, Anda dapat merencanakan perubahan waktu dan membantu anak-anak menyesuaikan diri dengan pola tidur yang baru dengan cara berikut:

1. Lakukan rutin

Rencanakan tidur sedikit lebih awal agar keesokan pagi anak-anak bangun lebih awal. Anda bisa menjadwalkan bangun pagi, hanya mengubah waktu setengah sampai satu jam. Misal, anak bangun biasanya pukul jam 5.30 menjadi 6.30 pagi.

2. Buat lingkungan tidur anak yang tepat

Redupkan lampu di malam hari dan menutup tirai setengah jam atau satu jam sebelum tidur. Nyalakan lampu terang di pagi hari sehingga waktu bangun lebih tampak terlihat.

Pastikan suhu yang tepat untuk tidur, sekitar 16 sampai 21 derajat celcius.

3. Bepergian pada sore hari

Ajak anak bepergian pada sore hari. Rencanakan aktivitas fisik seperti berenang, naik sepeda atau berjalan di hutan agar anak bisa tidur lebih awal, sebagaimana dikutip dari Netdoctor, Senin (27/3/2017).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan untuk mengatur waktu tidur

4. Makan untuk mengatur waktu tidur

Sistem pencernaan dan tidur terkait erat. Apa yang dimakan dan minum secara langsung berdampak pada kualitas tidur. Jadi, Anda harus selalu berhati-hati atas apa yang anak makan mendekati jam tidurnya.

Sebaiknya, hindari minuman yang mengandung kafein atau gula. Hal ini dikarenakan dapat menganggu tidurnya.

Pisang dan susu memiliki vitamin B6, yang membantu mengubah triptofan (zat yang ditemukan dalam susu) untuk memproduksi serotonin (hormon nyaman).

Buah lain yang disarankan adalah ceri karena mengandung melatonin, yang membuat kantuk.

5. Tarik napas dan rileks

Meditasi dan relaksasi adalah cara yang sangat efektif untuk membantu anak memeroleh tidur berkualitas. Minta anak untuk meregangkan otot tubuh dengan rileks. Cara ini untuk melepaskan ketegangan.

Anda dapat membantu anak bernapas melalui diafragma dengan menempatkan tangan di perut mereka. Hal ini akan membantu anak bersantai lebih mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini