Sukses

Mengagetkan, Fungi Paru-paru bagi Tubuh

Paru-paru ternyata bisa memproduksi darah

Liputan6.com, Jakarta Sejak lama para peneliti menduga sebagian besar platelet atau keping darah (trombosit) diproduksi di tulang sumsum. Namun studi yang diterbitkan di Jurnal Nature membuktikan produksi ini bisa dilakukan oleh paru-paru.

Organ vital yang dikenal hanya sebagai alat pernapasan ini ternyata berperan penting dalam membentuk darah, demikian temuan peneliti di University of California, San Fransisco seperti dikutip dari Foxnews, Senin (27/3/2017).

Temuan ini menyeruak saat para ilmuwan yang mempelajari paru-paru tikus dikejutkan oleh fakta bahwa paru-paru memproduksi lebih dari 10 juta platelet sejam.

Peneliti bahkan menemukan bahwa paru-paru juga menyediakan cadangan sel punca darah yang bisa menggantikan sel-sel di tulang sumsum bila cadangan mulai susut. Sel-sel tersebut bisa bergerak bebas antara tulang sumsum dan paru-paru.

"Temuan ini jelas memberi pandangan baru yang lebih baik terhadap paru-paru, bahwa organ tersebut tak hanya untuk bernapas melainkan juga menjadi peran kunci informasi terhadap aspek penting darah," ujar penulis penelitian senior, Mark Looney.

Para peneliti meyakini bahwa paru-paru mungkin saja memiliki peran penting untuk membentuk darah pada tikus. Hal tersebut pun berlaku pada manusia. Bila penelitian ini terbukti, hasilnya tak hanya berdampak baik untuk pengobatan penyakit terkait darah melainkan juga meningkatkan kesuksesan transplantasi paru.

Petunjuk mengenai hal tersebut muncul setelah peneliti menemukan sejumlah besar megakaryocytes--sel yang memproduksi platelet--pada paru-paru tikus. Sebenarnya sudah sejak lama terbukti bahwa paru-paru mampu memproduksi platelet, namun studi cukup lama menganggap sebelah mata peran tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini