Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Pria, Pahami 7 Hal Soal Seks Setelah Istri Melahirkan

Liputan6.com, New York, Amerika Serikat Kehidupan seks akan berbeda setelah istri melahirkan. Kondisi ini memang wajar dan hanya sementara waktu saja. Pria akan berhadapan dengan perubahan fisik, hormonal, dan emosional akibat kelelahan yang dihadapi dengan kehadiran bayi.

Bahkan setelah kelahiran bayi laki-laki, pria mengaku mengalami pergeseran hasrat seksual terkait kelelahan dan stres, menurut sebuah studi dalam Journal of Sexual Medicine. Untuk itu, pria perlu memahami tentang kehidupan seks setelah melahirkan.

1. Menjadi sosok yang lebih paham

Sebelum Anda berpikir tentang berhubungan seks lagi, pahami untuk membangun kembali keintiman. Sebab istri akan berurusan dengan menyusui, popok, dan segala hal yang melelahkan.

Kebanyakan ibu tidak tidur selama lebih dari dua atau tiga jam pada suatu waktu sehingga mereka kadang tak terpikirkan untuk bercinta.

"Wanita modern saat ini ingin mengurus bayi mereka," kata Dr Hilda Hutcherson, Profesor Obstetri dan Ginekologi di Columbia University Medical Center di New York City, Amerika Serikat, dikutip dari Fox News, Senin (27/3/2017).

Pasangan Anda mungkin juga masih merasa sakit pada bagian vagina atau bekas episiotomi (sayatan pada bagian di antara jalan lahir bayi dan anus). Jika pasangan menyusui, dadanya mungkin perih atau pendarahan puting.

Hal ini dikarenakan menyusui menyebabkan kadar estrogen menjadi rendah. Kekeringan pada vagina dapat membuat seks tidak nyaman bahkan menyakitkan. Prolaktin, hormon yang dilepaskan selama menyusui juga dapat menurunkan libido dan kenikmatan seksual.

2. Bantu istri merawat bayi

Kelelahan akan meredam keinginan pasangan untuk bercinta. Tapi ada aktivitas yang bisa dilakukan pria sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan juga kehidupan seks Anda. Misal, membantu menggantikan popok.

"Saya pikir itu sesuatu yang wanita hargai dan cara baik menghubungkan emosional dengan pasangan," kata Chris Pegula, penulis Diaper Dude: The Ultimate Dad’s Guide to Surviving the First Two Years.

Tawarkan diri Anda untuk merawat bayi selama beberapa jam sehingga istri bisa beristirahat. Anda juga bisa mempertimbangkan menyewa seorang cleaning service, layanan pengiriman makanan atau meminta anggota keluarga membantu merawat bayi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangun hubungan emosional

3. Bangun hubungan emosional

Seks mungkin ada di pikiran Anda tapi kebanyakan wanita berpikir, seks terkait dengan emosional. Anda bisa merencanakan kencan untuk membangun kembali hubungan.

4. Jujur

Meskipun depresi postpartum (depresi setelah melahirkan) biasanya berhubungan dengan wanita, penelitian dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan, ayah juga bisa mengalaminya.

Sebuah penelitian terbaru di JAMA Psychiatry menemukan, 4 persen dari ayah baru mengalami gejala depresi setelah kelahiran bayi.

Kondisi itu normal untuk merasa sedih dan tertekan karena Anda menyesuaikan diri dengan cara baru hidup. Anda memang mencintai pasangan dan bayi tapi hal tersebut menjadi tantangan tersendiri.

Untuk itu, jujur dengan diri sendiri dan pasangan serta jaga komunikasi agar seks lebih baik.

3 dari 4 halaman

Bersabar

5. Bersabar

Setelah enam minggu pemeriksaan depresi postparfum, kebanyakan wanita sudah diperbolehkan melakukan seks. Meskipun beberapa wanita sudah siap, bagi wanita lain bisa memakan waktu hingga tahunan untuk merasakan hasrat seks lagi.

Bagi pria, sulit untuk menunggu istri merasakan hasrat seks lagi  tapi Anda bisa bersabar dan tetap memberinya waktu.

6. Buat istri merasa 'panas' lagi

Perubahan yang terjadi pada wanita setelah melahirkan bisa menjadi sesuatu yang bermasalah. Istri mungkin tidak merasa menarik lagi bahkan khawatir vaginanya tidak kencang seperti sebelum melahirkan.

Untuk membantunya merasa kembali baik tentang dirinya dan bantu untuk menginginkan seks, Anda bisa mencurahkan kasih sayang. Pastikan ia tahu, Anda masih menemukan dirinya seksi.

4 dari 4 halaman

Sediakan waktu

7. Sediakan waktu

Mengakui seks mungkin tidak datang secara alami seperti sebelum melahirkan. Hal ini juga alami untuk merasa bersalah ketika ingin berhubungan seks. Anda tidak ingin menyakiti pasangan atau membuatnya merasa tidak nyaman intim bersama bayi di ruangan yang sama.

Teruslah berkomunikasi, sediakan waktu bersama secara fleksibel. Kehidupan seks Anda pun akan menarik lagi seperti sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini