Sukses

Kapan Ibu Hamil Bisa Rasakan Gerakan Janin?

Bidan Marion mengatakan, gerakan bayi terjadi pada usia kehamilan 20 minggu. Di minggu-minggu itu wanita hamil bisa rasakan gerakan janin

Liputan6.com, Jakarta Merasakan gerakan janin tentu menjadi pengalaman berharga bagi wanita hamil. Namun setiap wanita hamil cenderung merasakan gerakan janin di usia kehamilan yang berbeda.

Bidan bersertifikat, Marion McCartney, yang berlatih selama 24 tahun sebelum menjadi Direktur layanan profesional untuk American College of Nurse mengatakan, rata-rata gerakan bayi terjadi pada usia kehamilan 20 minggu.

"Rata-rata di usia kehamilan 20 minggu, rasanya seperti ada debaran kecil. Namun ada pula yang merasakannya lebih cepat pada 16 minggu," katanya, seperti dimuat WebMD, Senin (27/3/2017).

Menurut Marion, gerakan yang muncul lebih awal biasanya disebut juga "quickening". Hal ini juga tergantung pada kondisi janin.

"Janin masih terlalu kecil saat tiga bulan--hanya sekitar 4 inci. Dia akan mulai aktif pada akhir bulan keempat. Namun kadang-kadang, wanita sudah bisa merasakan gerakan janin pada usia kehamilan 12 minggu," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini