Sukses

Film Seperti Ini Bikin Kita Lebih Bahagia

Jika Anda mungkin bukan tipe orang yang suka berjelajah secara langsung, ternyata menonton film ini juga bisa bermanfaat.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua mungkin sudah tahu, bahwa menyisihkan sedikit waktu untuk berlibur menjelajahi alam sekitar, sangat baik bagi kesehatan dan membuat kita juga menjadi lebih menghargai ciptaan Tuhan.

Namun jika Anda mungkin bukan tipe orang yang suka berjelajah secara langsung, ternyata menonton film dokumenter alam saja, juga bisa bermanfaat.

Sebuah studi yang dilakukan di University of California, yang dipimpin oleh seorang profesor psikologi, Dacher Keltner, menginvestigasi keterkaitan antara film dokumenter alam dengan efeknya pada kesejahteraan dan suasana hati orang-orang yang menontonnya.

Penelitian tersebut menemukan, menonton film dokumenter alam walaupun hanya dalam waktu singkat, dapat membuat emosi positif meningkat dan menurunnya emosi negatif. Karena pada dasarnya, menonton dokumenter alam akan mengajarkan otak kita bagaimana rasanya bahagia dan sehat, serta juga dapat mengurangi perasaan negatif seperti kecemasan, stres, dan rasa
takut.

“Jika seseorang mengalami perasaan kagum saat sedang menonton suatu dokumenter alam, maka mereka akan lebih mungkin untuk menampilkan sifat empati dan perilaku dermawan, serta juga telah terbukti lebih mampu untuk menangani stres,” ujar Profesor Keltner, seperti dilansir
dari Yourtango, Kamis (23/3/2017).

Penelitian ini merupakan kerjasama antara profesor Keltner dengan tim peneliti BBC Worldwide. Proyek global ini juga melibatkan lebih dari 7.500 peserta yang mewakili secara nasional, ditambah tinjauan ulang dari beberapa studi lainnya yang meneliti hubungan antara alam dengan kebahagiaan dan kesehatan manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.