Sukses

Kotoran Sapi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Liputan6.com, New Delhi Penggunaan kotoran sapi buat membersihkan lantai tidak hanya di Indonesia Timur saja. Di India pun hal serupa terjadi.

Penduduk pedesaan di India percaya membersihkan lantai dan dinding di rumah menggunakan kotoran sapi mendatangkan manfaat. Terutama untuk kesehatan si pemilik rumah.

Konon, digunakannya kotoran sapi untuk membersihkan rumah lantaran cara serupa kerap digunakan dalam ritual keagamaan Hindu. Tidak lain karena sapi dianggap hewan suci, sehingga kotoran dan urinenya pun dianggap suci.

Dikutip dari situs Boldsky, Sabtu (25/3/2017), orang perkotaan mungkin mengeluh bau busuk dari kotoran sapi. Namun, kepercayaan akan sapi adalah hewan suci, muncul keyakinan kotoran sapi mengandung zat yang dapat membunuh bakteri dan baik untuk kesehatan manusia.

Terlepas dari sebuah kepercayaan umat Hindu, kotoran sapi ditemukan oleh peneliti, setelah melakukan penelitian selama betahun-tahun, menemukan ada sebuah kandungan yang berguna untuk menjauhkan rumah dari serangga kecil, kalajengking, dan ulat.

Di daerah pedesaan, nyamuk adalah masalah nyata. Dengan menggunakan kotoran sapi untuk membersihkan lantai dan dinding, nyamuk akan keluar dan menjauh dari rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini