Sukses

6 Makanan yang Bikin Vagina Tetap Sehat

Makanan sehat yang membuat vagina tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta Ada anggapan jus kranberi dapat membantu menangkal infeksi saluran kemih pada vagina. Nanas juga dipercaya memengaruhi kesehatan vagina. Namun, kedua makanan itu bukan satu-satunya makanan yang mempunyai dampak besar terhadap kesehatan vagina.

Sesuai ditulis pada laman Shape, Jumat (24/3/2017), ada makanan lain yang dapat membuat vagina tetap fit dan terjaga kesehatannya.

Apel

Wanita yang makan apel dilaporkan memiliki fungsi seksual yang lebih baik. Selain itu, kemampuan berorgasme, dan kemampuan memeroleh rangsangan juga lebih baik.

Mereka yang makan apel mempunyai vagina yang lebih sehat dibandingkan dengan wanita yang tidak makan apel, menurut sebuah studi baru-baru ini dalam Archives of Gynecology and Obstetrics.

Zat phloridzin yang terkandung pada apel merupakan phytoestrogen (senyawa estrogen) alami yang bermanfaat bagi sistem hormonal tubuh wanita.

Yoghurt

Camilan ini menawarkan manfaat ganda bagi kesehatan vagina. Probiotik dalam yoghurt dapat meningkatkan mikroflora (kumpulan mikroorganisme) vagina sehingga vagina menjadi sehat.

Anda dapat terhindar dari infeksi seperti infeksi saluran kemih dan infeksi jamur. Kandungan kalsium yang tingggi dalam yogurt dapat membantu memperbaiki gejala pra menstruasi syndrome (PMS).

Teh hijau

Polifenol catechin yang ditemukan di teh hijau kemungkinan dinilai dapat membunuh bakteri E. coli yang menyebabkan infeksi saluran kemih, menurut penelitian di jurnal Frontiers in Microbiology.

Kafein dalam teh hijau dapat membantu meringankan gejala PMS, kata Alyssa Dweck, Obstetrik/Ginekologi di Mount Kisco Medical Group di New York, Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran

Biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran

Ketiga jenis makanan merupakan kaya serat probiotik untuk memelihara bakteri baik dalam usus Anda, kata Jennifer Gunter, direktur Center for Pelvic Pain and Vulvovaginal Disorders, Kaiser Permanente.

Cara terbaik menjaga vagina agar sehat adalah menjaga kesehatan usus besar. Karena sebagian besar bakteri berasal dari usus besar.

Ikan yang berminyak

Tiga ons salmon mengandung sekitar tiga-perempat dari nilai harian vitamin D ditambah dosis yang sehat dari asam lemak omega-3. Kedua nutrisi ini baik untuk kesehatan jantung.

Makanan yang baik untuk jantung dapat bermanfaat baik bagi vagina. Sirkulasi darah yang lebih baik secara keseluruhan juga mendukung kelancaran aliran darah lebih baik pada vagina.

3 dari 3 halaman

Air

Air

Hidrasi adalah cara menjaga daerah vagina tetap lembab dan terlumasi. Vagina yang tetap lembab dapat membuat Anda semakin terangsang.

Buah

Wanita yang makan dua porsi buah atau lebih dalam sehari, berisiko lebih rendah (11 persen) terkena fibroid rahim (uterine fibroids). 

Fibroid rahim berupa kumpulan tumor bukan kanker (nonkanker) yang dapat menyebabkan nyeri panggul dan perdarahan yang tidak teratur, menurut sebuah studi dari University of Pennsylvania School of Medicine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini