Sukses

Terlihat Bersih, 6 Perabotan di Rumah Ini Pemicu Penyakit

Spons dan wastafel termasuk ke dalam daftar perabotan rumah yang terlihat bersih tapi mudah terkontaminasi kuman pemicu penyakit

Liputan6.com, Jakarta Beberapa perabotan rumah yang Anda miliki mungkin terlihat bersih. Namun, siapa yang bisa menjamin kalau barang-barang tersebut tidak terkontaminasi kuman pemicu penyakit.

Cari tahu apa saja barang-barang tersebut dan bagaimana cara mensterilkannya, seperti dikutip Step to Health, Jumat (24/3/2017);

1. Spons dan loofah

Spons yang biasa Anda gunakan untuk mencuci piring dan loofah yang sering digunakan untuk mandi adalah item yang cenderung terkontaminasi kuman dengan mudah.

Kelembaban dan kontak dengan sel-sel kulit mati akan menciptakan lingkungan yang ramah bagi jamur dan bakteri.

Bagaimana mensterilkannya: Pertama, rendam keduanya dalam mangkuk berisi air dan cuka putih. Kemudian, keringkan di microwave. 

2. Wastafel

Sudah jelas kalau wastafel butuh disinfektan khusus untuk menghilangkan kuman berbahaya. Lantas, bagaimana membersihkannya?

Pertama, gunakan hidrogen peroksida ke dalam botol semprot dan semprotkan ke wastafel. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dan spons. Ulangi setiap hari.

Sehingga perabotan rumah satu ini tidak terkontaminasi pemicu penyakit.

Talenan dan Kuas Make Up

3. Talenan

Talenan memiliki banyak mikroba dan jamur karena menjadi tempat semua bahan makanan dipotong. Bagaimana membersihkannya? Pertama, gosok permukaan talenan dengan beberapa tetes lemon. Kemudian, biarkan selama 5 menit. Setelah itu, gosok dengan sedikit garam kasar. Kedua bahan mengandung senyawa antibakteri ini akan membantu menetralisir kuman apapun.

4. Kuas Makeup 

Bahkan jika itu tidak terlihat, kuas makeup s dapat menjadi rumah bagi semua jenis bakteri. Bagaimana membersihkannya? Anda bisa menggunakan sabun cair yang dicampur air hangat. Kemudian rendam kuas selama 30 menit. Kemudian bilas dan biarkan sampai kering sebelum menggunakannya.

Lap Dapur dan Kunci

5. Lap dapur

Kain lap dapur juga bisa memicu risiko penyakit karena semua tumpahan makanan. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada cara mudah mensterilkannya.

Pertama, campur tetesan lemon dengan satu liter air panas. Kemudian, rendam lap atau handuk selama 30 menit. Setelah itu, bilas seperti biasa dan biarkan kering di bawah sinar matahari.

6. Kunci

Banyak orang tidak pernah mencuci kunci karena tidak berpikir tentang bakteri berbahaya. Padahal, kunci bersentuhan dengan banyak permukaan yang berbeda. Belum lagi jika benda ini jatuh. 

Cara mencuci kunci bisa dilakukan dengan menggosoknya dengan hidrogen peroksida. Atau mencuci dibawah air mengalir dengan sabun antibakteri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini