Sukses

Taktik Lebih Bahagia dalam 21 Hari

Liputan6.com, Jakarta Sedih dan bahagia adalah perasaan yang manusiawi. Namun, ketika perasaan sedih lebih merongrong kehidupan, cobalah sejenak untuk melakukan perubahan kecil dalam kehidupan.

Walau terdengar klise, riset menunjukkan rahasia agar menjalani hidup bahagia dengan merasakan dan menikmati hal kecil yang menyenangkan. Ketika kita mulai memberikan perhatian kepada hal-hal kecil menyenangkan, otak kita akan lebih mudah merasakan kebahagiaan seperti diungkapkan guru kebahagiaan yang juga penulis Joy on Demand, Chade-Meng Tan.

"Jika sudah biasa memaknai hal-hal kecil menyenangkan, seiring berjalannya waktu, sukacita dan kebahagiaan akan terasa mudah kita rasakan," kata Tan.

Untuk bisa membiasakan merasakan dan menikmati kesenangan dari hal-hal kecil, mengatakan waktu sekitar 21 hari. Mengutip Time, Jumat (24/3/2017) berikut langkahnya.

Minggu 1: Menyadari dan buat catatan kebahagiaan

Hal-hal menyenangkan dalam hidup terkadang kita tidak sadari. Seperti bunyi kicauan burung di pagi hari, segarnya air yang membasahi kulit usai bangun tidur, atau indahnya bunga mawar yang sedang mekar di taman rumah tetangga.

"Pada minggu pertama mulai biasakan mengamati sukacita dan beri perhatian pada hal tersebut," jelas Tan.

Pada minggu ini Tan meminta seseorang melakukan tiga hal berikut:

a. Menyadari kehadiran di tempat tersebut
Fokus pada kehidupan yang sedang Anda jalani. Rasakan kesenangan kecil yang datang dalam hidup. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini akan terbentuk seperti dikatakan Tan.

b. Ungkapkan lewat suara
Ketika sesuatu menyenangkan hadir, coba ungkapkan lewat suara seperti disarankan peneliti kebahagiaan, Gretchen Rubin. Misalnya usai mengisap kopi dan terasa nikmat bisa mengatakan 'mmm...'.

c. Menuliskan kalima motivasi
Setiap hari tulislah satu kalimat motivasi mengenai sesuatu yang bahagia. Kalimat ini buah pikiran Anda sendiri.

"Kalimat Anda bisa tentang apapun yang indah. Hal ini membuat Anda merasa bahagia tanpa perlu menghitungnya," kata Rubin. 

 

1 dari 3 halaman

Minggu 2: Mencari kebahagiaan yang tersembunyi

Memasuki minggu kedua, saatnya mulai menggali hal-hal yang bisa membuat bahagia. Diantaranya dengan:

a. Memotret hal-hal indah
Setiap hari, potretlah hal yang menurut Anda indah menggunakan ponsel. "Hal ini tanpa disadari akan membuat Anda bahagia," kata Rubin.

b. Pakai baju warna kesukaan
Sudah banyak riset yang menunjukkan keterkatian warna dengan kebahagiaan.

c. Ubah sudut pandang hal negatif
Dari setiap hal negatif yang datang dalam hidup, pasti ada sisi positfinya. 

 

2 dari 3 halaman

Minggu 3: Mendongkrak kebahagiaan dengan beberapa trik

Saat sedih, lalu muncul sedikit kebahagiaan bisa berdampak membuat hari menjadi lebih menyenangkan. Oleh karena itu, nyalakan kembali kebahagiaan dengan beberapa strategi.

a. Memutar musik tempo cepat
Salah satu cara termudah mendongkrak kebahagiaan dengan mendengarkan musik bertempo cepat seperti dikatakan Rubin.

b. Lompat
Lakukan gerakan tubuh yang eksplosif seperti melompat-lompat. "Saya biasanya melakukan 10 jumping jacks. Ini hal yang nampaknya kekanakan tapi seru dan mampu membuat suasana hati lebih baik," kata Rubin.

c. Berbagi kebahagiaan
Menebarkan senyum kepada teman saat berpapasan di lorong lalu disambut dengan sapaan hangat akan membuat Anda jadi bahagia.

Artikel Selanjutnya
Pahitnya Masa Kanak-Kanak Chester Bennington
Artikel Selanjutnya
Ungkapan Kegelisahan Hati Chester Bennington Sebelum Bunuh Diri