Sukses

Penyebab Jari Kelingking Sering Keram Saat Pegang Ponsel

Penggunaan ponsel yang berlebihan dapat membahayakan sistem saraf.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan ponsel yang berlebihan dapat memicu keram serta membahayakan sistem saraf. Hal ini dipicu dari posisi bagian tubuh yang salah dan dilakukan berulang-ulang. 

Keluhan keram yang terjadi pada jari-jari tangan saat memainkan ponsel paling sering terasa pada jari kelingking.

"Kondisi jari kelingking yang sering keram dikarenakan seseorang memegang ponsel dalam waktu lama dan tidak berhenti sejenak," kata Konsultan Neurologis dari Departemen Neurologi FKUI/RSCM dr Manfaluthy Hakim, SpS(K) usai acara Bergerak Bersama #LawanNeuropati di Hotel Borobudur, Jakarta, ditulis Jumat (24/3/2017).

Menurut Manfaluthy, kebiasaan memegang ponsel dalam waktu lama dan berulang akan mengganggu sistem saraf. Apalagi memegang ponsel sampai beberapa jam tanpa henti. Sistem saraf pun mengalami injury (kerusakan).

"Lebih bijak untuk menggunakan ponsel. Jangan terlalu lama memegang ponsel. Kalau sudah terasa pegal tiap 10 menit atau lebih, gunakan waktu tiap 5 menit untuk mengistirahatkan memegang ponsel. Luruskan tangan untuk meregangkan jari," saran dr Manfaluthy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini