Sukses

5 Fakta Tuberkulosis yang Anda Perlu Tahu

Liputan6.com, Jakarta Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi menular yang biasanya menyerang paru-paru yang disebabkan Mycobacterium tuberculosis. Bila seseorang terinfeksi TB tanpa diobati atau pengobatannya tidak tuntas dapat menimbulkan komplikasi berbahaya hingga kematian.

Menurut laporan surveilans TB di 2015, total penemuan kasus tuberkulosis sebanyak 330.729 dengan angka keberhasilan 84 persen di Indonesia. Sisanya asalah pasien yang tidak menyelesaikan pengobatan karena meningglal, pindah, tidak melanjutkan pengobatan, dan kebal terhadap obat yang diberikan.

Di Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh setiap 24 Maret, berikut fakta mengenai TB yang pernah diketahui seperti mengutip Health24, Jumat (23/3/2017).

1. TB merupakan masalah global, meski kasus ini lebih banyak terjadi di negara-negara miskin dibanding negara berkembang.

2. TB menyebar lewat udara saat dari penderita TB lewat percikan dahaknya.

3. Penyakit ini pada umumnya menyerang paru. Ditandai dengan gejala batuk terus menerus selama tiga minggu. Namun, bisa juga bisa menyerang bagian lain dari tubuh seperti sendi, tulang, sistem saraf.

4. Seseorang yang tertular dengan kuman TB belum tentu sakit TB. Kuman TB bisa menjadi tidak aktif selama bertahun-tahun. Namun pada saat kekebalan tubuh lemah, kemungkinan sakit TB jadi lebih besar.

5. Penyakit TB bisa diatasi dengan mengonsumsi obat dalam periode tertentu secara disiplin. Paling tidak sekitar enam bulan seorang pasien tuberkulosis mengonsumsi obat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.