Sukses

Jintan Juga Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Beragam cara bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, termasuk memilih makanan atau produk herbal alami, salah satunya jintan.

Liputan6.com, Jakarta Beragam cara bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, termasuk memilih makanan atau produk herbal alami, salah satunya jintan.

Dilansir dari Prevention.com, Selasa (21/3/2017) jintan telah terkenal untuk menurunkan sel lemak dan juga dapat berpengaruh dengan berat badan.

Hal ini dibuktikan dengan dari penelitian Iran's Shahid Sadoughi University of Medical Science yang melakukan percobaan dengan satu sendok teh bubuk jintan yang dikonsumsi setiap hari.

Hasilnya, jintan dapat menurunkan lemak pada tubuh. Penelitian ini melibatkan 88 wanita yang mengalami obesitas menjadi dua kelompok.

Dalam tiga bulan, peneliti menilai satu kelompok mendapatkan tiga gram atau setara dengan satu sendok teh kurang dari bubuk jintan dan kelompok lain hanya mengonsumsi lima ons yoghurt. Kedua kelompok tersebut mendapatkan konsultasi nutrisi. 

Alhasil setelah tiga bulan, ternyata kelompok yang mengonsumsi bubuk jintan mengalami penurunan berat badan sekitar tiga pound lebih atau setara dengan 1,3 kilogram. Penemuan mengejutkan lainnya diketahui bahwa lemak tubuh mengalami pengurangan sebesar 14,64 persen.

Manfaat lainnya yang bisa ditemukan adalah jintan dapat menurunkan rata-rata kolesterol jahat yang dapat berpengaruh pada penyakit jantung. Kandungan Phytosterols, dikenal dapat menyerap kolestrol jahat di tubuh. Penelitian lainnya menyebutkan jintan dikenal dapat meningkatkan metabolisme tubuh. (Aida Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.