Sukses

Trik Rayu Suami Agar Mau Berbagi Pekerjaan Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta Tak peduli seberapa majunya zaman, atau seberapa tingginya pendidikan seorang istri atau sesibuk apa mereka di kantor, faktanya masih banyak suami yang merasa pekerjaan rumah tangga bukanlah bagian dari kewajiban mereka.

Sebuah survei dari Bureau of Labor Statistics, AS, menemukan, walaupun sudah ada pergerakan menuju kesetaraan jender dalam berbagai bidang, wanita masih mengerjakan sebagian besar pekerjaan rumah tangga dibanding pria--bahkan walaupun keduanya sama-sama bekerja.

Apa yang menyebabkan hal ini?

Lindsay McGrath, LMFT, mengatakan hal ini disebabkan oleh dua masalah: pemahaman sosial yang sudah ketinggalan zaman, dan kecenderungan wanita untuk berfungsi berlebihan dan mengerjakan semuanya.

Untungnya, sekarang semakin banyak pasangan yang mulai membagi pekerjaan rumah tangga mereka dengan lebih adil. Studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Family Psychology menemukan, pasangan yang berbagi pekerjaan rumah tangga memiliki kehidupan seksual yang lebih memuaskan.

Jadi, bagaimana cara pastinya untuk memastikan suami dan istri berbagi tugas dengan lebih seimbang? Melansir Women's Health, Rabu (22/3/2017) ini 6 tips yang bisa membantu suami istri berbagi pekerjaan rumah tangga:

1 dari 3 halaman

1. Beri waktu

Aturlah timer untuk 5 menit. Di waktu ini, baik Anda dan pasangan harus membuat daftar pekerjaan rumah tangga yang mau Anda lakukan - dan alasan kenapa penting bagi pasangan untuk turut serta.

Ketika waktu habis, tukarlah daftar Anda dan bahas tentang tugas-tugas tadi. McGrath mengatakan hal ini bisa memberi Anda masukan tentang perasaan dan keinginan pasangan.

2. Atur dengan baik

Masukkan semua tugas rumah Anda dalam bagan, dan tuliskan nama orang yang harus mengerjakannya. Tempelkan bagan tadi di pintu kulkas, atau bagian lain di rumah Anda yang mudah terlihat.

Cek bagan tadi setiap minggu untuk memastikan semua tugas sudah diselesaikan.

3. Biarkan tetap acak

McGrath menyarankan untuk menuliskan semua tugas-tugas tadi dalam kertas-kertas kecil dan masukkan dalam toples.

Setiap pasangan bisa memilih berapa tugas yang mau mereka lakukan hari itu, dan mengambil kertas sesuai jumlah yang telah disepakati dari dalam toples.

Dengan begini, Anda berdua bisa mendapatkan tugas yang bervariasi dan terhindar dari keharusan melakukan tugas yang itu-itu saja.

2 dari 3 halaman

4. Buat jadwal

Apakah pasangan Anda mudah lupa? Buatlah alarm atau pengingat untuk memastikan masing-masing dari Anda melakukan tugasnya.

5. Lakukan bersama

Anda mungkin tidak ingin menghabiskan hari sabtu pagi membersihkan dan menggosok kamar mandi. Tapi menyisihkan waktu bersama pasangan untuk sama-sama mengerjakan pekerjaan rumah tangga bisa membuat segalanya terasa lebih mudah.

Nyalakan lagu favorit Anda berdua, dan manjakan diri sesudahnya dengan makanan kesukaan Anda.

Artikel Selanjutnya
Tips Kelola Stres dan Gaya Hidup Sehat Saat Bekerja
Artikel Selanjutnya
5 Tips Kerja agar Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu