Sukses

Bayi dengan 4 Kaki dan 2 Tulang Belakang Sukses Jalani Operasi

Seorang bayi perempuan bernama Dominique yang terlahir dengan empat kaki dan dua tulang belakang kini dalam masa pemulihan operasi.

Liputan6.com, Jakarta Seorang bayi perempuan bernama Dominique yang terlahir dengan empat kaki dan dua tulang belakang kini dalam masa pemulihan operasi. Tim dokter di Advocate Children's Hospital, Illinois berhasil mengoperasi dua kaki berlebih yang dimiliki bayi 10 bulan itu pada 8 Maret lalu.

"Kembar parasit adalah kembar identik yang gagal tumbuh secara terpisah," jelas John Ruge, ahli bedah pediatrik pada Reuters.

"Dengan kata lain, bukan kembar yang mandiri, melainkan kembar yang bergantung pada sistem tubuh kembarannya. Itu karena jantung dan paru-paru Dominique lah yang mendapat nutrisi," lanjutnya.

Melansir laman Foxnews, Rabu (22/3/2017), tim medis yang terdiri dari lima orang dokter memerlukan sekitar enam jam untuk membedah dua kaki ekstra yang tumbuh di sekitar pundak Dominique. Dokter juga berhasil menghilangkan tulang belakang lainnya.

Tak banyak informasi mengenai Dominique selain dia dilahirkan di Pantai Gading dan dibawa hijrah ke Illinois untuk menjalani operasi. Keluarga Dominique pun tak teridentifikasi. Namun, setelah berada di rumah sakit selama lima hari usai operasi, bayi itu dibawa pulang oleh keluarga angkatnya di Chicago. Kabarnya keluarga itu yang akan merawat Dominique hingga dia bisa kembali ke Afrika Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.