Sukses

3 Jenis Penyakit Langganan di Kala Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki dua musim yaitu, kemarau dan musim hujan. Di kala musim hujan, curah hujan pasalnya meroket hingga kerap kali menyebabkan banjir dan bencana alam lainnya.

Ada sejumlah penyakit yang muncul seiring berjalannya musim hujan. Seperti dilansir Health News, Selasa (21/3/2017), ada tiga diantara sekian banyaknya penyakit yang paling umum menyerang di kala musim hujan.

Influenza

Influenza ditandai dengan beberapa kondisi umum seperti pilek, batuk, radang tenggorokan, demam, bersin, pusing dan rasa lelah berlebihan. Jenis penyakit ini hadir lantaran cuaca tidak menentu dan cenderung menjadi lebih dingin akibat hujan deras. penyakit yang disebabkan oleh virus RNA ini sangat menular dan jika sudah terlalu parah membutuhkan bantuan medis di rumah sakit.

Diare

Diare merupakan jenis penyakit mengancam perut yang disebabkan oleh virus atau bakteri jahat. Umumnya penyakit ini diawali dengan kesalahan mengonsumsi makanan atau mengonsumsi makanan yang pedas atau mengandung santan. Virus dan bakteri penyebab diare merajalela di kala musim hujan dan ini akan membuat mereka yang menderitanya kesakitan di bagian perut, selalu ingin buang air besar yang ujungnya keluar dalam bentuk cair. Penyakit diare memerlukan perhatian medis lantaran dapat membuat seseorang dehidrasi berujung lemas.

Demam berdarah

Penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti tergolong sebagai salah satu jenis penyakit paling mematikan di kala musim hujan. Nyamuk jenis ini pasalnya berkembang biak di genangan air yang khususnya sangat banyak dan tersedia di mana-mana di saat musim hujan.

Artikel Selanjutnya
Australia Bersiap Hadapi Musim Dingin 'Terganas'
Artikel Selanjutnya
Siapa Mau Berburu Embun Es Pagi di Dieng Awal September?