Sukses

Pentingnya Menyikat Gigi Setelah Sarapan

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sebagian orang sudah terbiasa menyikat gigi sesudah bangun tidur atau sebelum makan. Namun yang perlu Anda ketahui ternyata sikat gigi setelah selesai makan justru lebih dianjurkan. Salah satu tujuan dari menyikat gigi adalah membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi.

Apalagi ada rentang waktu yang panjang untuk sampai ke waktu makan siang kembali, hal ini dapat mempengaruhi kebersihan mulut dan bahkan percaya diri saat bercakap dengan orang lain.

Apa penjelasan dibalik pentinganya menyikat gigi setelah sarapan?

"Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan justru dapat mendongkrak perkembangan bakteri dalam rongga mulut" ujar drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. dalam Hari Kesehatan Gigi Dunia 2017 "Live Mouth Smart' yang diadakan oleh Pepsodent di SDN Rawabuntu 03, Tangerang Selatan.

Bedasarkan penjelasannya ketika selesai sarapan, sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan bisa menjadi asam akibat bakteri yang terdapat pada rongga mulut. Baketeri dalam mulut, makanannya juga sama seperti manusia.

"Apalagi sisa-sisa makanan yang manis, bakteri tersebut justru dapat berkembang biak lebih banyak," imbuh drg. Mirah. Jumlah bakteri yang berkembang dalam mulut juga dapat berpotensi membuat bau mulut.

Walaupun bau mulut tidak hanya disebabkan karena bakteri, sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan karang gigi. Akibat lainnya yang bisa menyebabkan bau mulut juga gigi berlubang.

Untuk itu diperlukan kebiasaan waktu menyikat gigi dengan tepat. Selain membuat nafas lebih segar, menyikat gigi juga mampu membersihkan gigi dari segala penyakit. (Aida Tifani)

Artikel Selanjutnya
6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Sebabkan Sakit Gigi
Artikel Selanjutnya
5 Kebiasaan Kita Ini Dapat Merusak Gigi