Sukses

3 Hewan Peliharaan Lucu bagi Anak yang Alergi

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak bisa belajar arti tanggung jawab apabila orangtua memberikannya hewan peliharaan. Namun, ketika orangtua diberitahu bahwa si Kecil positif alergi, mereka pun tidak diizinkan mengadopsi hewan peliharaan. 

Termasuk ketika si Kecil alergi kucing dan anjing, tidak lantas tidak bisa memiliki hewan peliharaan yang lain.

"Harus diingat, alergi anjing dan kucing, bukan berarti anak alergi terhadap hewan lainnya," kata dokter penyakit dalam yang mendalami ilmu alergi, Mitchell Grayson. 

Berikut daftar hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, yang dapat diberikan kepada anak yang alergi, seperti dikutip dari situs Parents, Senin (20/3/2017)

1. Ikan

Anak yang alergi tidak bakal mengalami kekambuhan apabila mereka memelihara ikan. Sebab, ikan ditaruh di dalam akuarium yang memberi jarak antara anak dengan hewan peliharaannya.

Selain itu, orangtua harus rajin membersihkan akuariumnya. "Bila tidak bersih, jamur bisa hadir di akuarium dan sporanya berhembus ke udara yang bisa memicu reaksi pada beberapa orang," kata Grayson.

2. Burung Parkit atau kenari

Salah satu alternatif hewan peliharaan bagi si Kecil yang alergi adalah burung. Mereka bisa bertahan hidup sekitar 10-15 tahun. Menurut Grayson, orang yang alergi terhadap kucing dan anjing jarang memiliki masalah pada burung spesies ini.

Selain itu, ukuran kedua hewan ini kecil. Sehingga meminimalisir potensi kambuhnya alergi anak.

3. Hamster

Hamster merupakan hewan peliharaan yang pintar dan mudah diajari. Usianya bisa berthan sekitar satu sampai tiga tahun. Hewan ini memang termasuk mamalia, yang memiliki potensi alergi seperti anjing atau kucing.

"Namun ukuran mereka yang jauh lebih kecil sehinga memproduksi alergen yang juga lebih sedikit," kata dokter hewan, Susan A. Brown.'

Jadi, sudah menemukan ide hewan peliharaan apa untuk si Kecil yang alergi?

Artikel Selanjutnya
Ingin Hewan Kesayangan Lebih Menurut, Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Manfaat Pelihara Hewan Kesayangan bagi Anak