Sukses

Ritual Minum Susu Akrabkan Orangtua dan Anak

Minum susu bersama yang dilakukan akan membuat hubungan orangtua dan anak lebih akrab.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin akan terkejut, ritual minum susu atau yang lebih dikenal dengan istilah milk toast ternyata memengaruhi hubungan orangtua dan anak.

Ritual keluarga yang terbilang sederhana ini mampu meningkatkan rasa kebersamaan dan keakraban di keluarga.

Cara tersebut dikemukakan Psikolog Keluarga dan Anak Roslina Verauli dalam sesi acara kampanye Frisian Flag bertajuk Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang! di Hotel Aston Kuningan Suites, Jakarta pada Senin (20/3/2017).

"Milk toast bisa dikatakan momen tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Tak hanya anak yang minum susu, orangtua juga ikut minum susu. Ada sebuah istilah berupa prompting clue, yang membuat ritual minum susu menyenangkan. Prompting clue dapat diartikan ibu menuangkan susu ke dalam gelas. Hal ini akan menciptakan aura dan emosi positif bagi orangtua dan anak," kata Vera, sapaan akrabnya.

Ada rasa senang dan perhatian yang besar dalam diri anak ketika melihat kasih sayang yang terwujud dari orangtua menuangkan susu ke dalam gelas, yang kemudian minum susu bersama.

Suasana keakraban ini juga memicu perkembangan anak.

"Ritual minum susu akan membuat anak lebih dekat kepada orangtua. Kemampuan komunikasi anak menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan saat ritual minum susu, obrolan antara anak dan orangtua terbangun," lanjut Vera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini