Sukses

9 Trik Menjaga Kesehatan dan Kecantikan a la Wanita Prancis

Liputan6.com, Jakarta Wanita Prancis terkenal mampu menjaga kesehatan. Tak peduli usia, mereka tetap memiliki bentuk tubuh yang ramping dan wajah yang awet muda. Selain itu, wanita Prancis juga banyak yang panjang umur.

Ingin tahu bagaimana wanita Prancis menjaga kesehatan dan kecantikannya? Anda beruntung, konsultan kesehatan yang juga bintang televisi asal Prancis, dr Michel Cymes yang menulis buku Live Better and Longer membocorkannya untuk Anda.

Berikut rahasia tubuh sehat dan cantik a la wanita Prancis seperti dikutip dari laman Brightside, Senin (20/3/2017):

1. Kurangi alkohol

Sebagian besar wanita Prancis hanya minum alkohol pada acara tertentu. Biasanya mereka hanya menyesap sedikit untuk sekadar menikmati rasanya.

2. Pilih kacamata hitam kualitas terbaik

Ya, mata merupakan salah satu bagian wajah yang perlu dilindungi dari paparan sinar matahari. Dengan begitu wanita akan terhindar dari penyakit mata seperti macular degeneration atau katarak. Ketika membeli kacamata hitam baiknya perhatikan hal berikut:

- Lensanya cukup lebar untuk melindungi area mata.

- Kualitas lensanya baik. Lensa terbaik biasanya terbuat dari bahan polycarbonate, plastik CR-39, dan kaca mineral. Selain itu dilengkapi pula dengan tanda standar Eropa: CE.

- Masuk dalam kategori 3 perlindungan UV.

3. Konsumsi bawang putih

Orang Prancis menjaga kesehatan dengan mengonsumsi cukup banyak bawang putih. Bumbu dapur tersebut memiliki zat antioksidan yang baik, melindungi sel dari radikal bebas dan menunda penuaan.

Selain itu bawang putih juga mencegah kanker kolon dan rektal serta masalah kardiovaskular. Anda pun akan terhindar dari risiko kanker payudara dan prostat.

 

1 dari 3 halaman

Kulkas harus bersih

4. Kulkas harus bersih

Sistem imun tubuh akan semakin menurun seiring bertambahnya usia kita. Penting untuk selalu melindungi diri dari virus dan bakteri.

Kulkas bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri dan virus dengan sangat subur jika tidak rutin dibersihkan. Mikroorganisme seperti Listeria, E.coli, Salmonella, dan jamur mudah berkembang di kulkas. Baiknya, bersihkan kulkas dua kali sebulan menggunakan bahan alami seperti cuka.

5. Merawat kulit tubuh

Sebagian besar wanita terlalu fokus menjaga kesehatan dan kecantikan area wajah saja dan melupakan bagian tubuh lainnya. Padahal kulit tubuh--utamanya leher, dada, pundak, dan punggung--perlu dirawat dengan baik.

Berikut ritual merawat kulit tubuh yang biasa dilakukan wanita Prancis:

- Melembapkan

Oleskan krim pelembap pada area leher, pundak, dada, dan punggung dengan gerakan memutar ke atas menggunakan kedua telapak tangan. Lakukan ritual ini lima menit sehari sudah cukup untuk menstimulasi produksi kolagen yang mencegah kulit mengendur.

- Eksfoliasi

Gunakan produk perawatan kulit yang lembut untuk mengelupas kulit-kulit mati. 

- Proteksi

Saat musim kering, area leher cenderung mendapat paparan berlebihan, jadi jangan ragu untuk mengaplikasikan lebih banyak tabir surya pada area ini.

- Percikkan parfum pada pakaian karena alkohol cenderung membuat kulit kering.

 

2 dari 3 halaman

Makan dengan tenang

6. Makan dengan tenang

Perlakukan waktu makan sebagai ritual yang menyenangkan. Siapkan meja lalu santap makanan dengan tenang dan senang. Hindari makan sambil menonton TV. Perut perlu waktu 20 menit untuk menyampaikan rasa kenyang ke otak.

Saat duduk di depan TV orang cenderung makan dengan cepat dan kurang mengunyah sehingga Anda cenderung melewatkan sinyal kapan harus berhenti makan.

7. Olahraga

Untuk mencegah osteoporosis, berolahragalah di air. Ketika tubuh berada di air, detak jantung melambat dan Anda bisa berolahraga lebih keras. Selain itu air juga memberi beban lebih banyak pada otot namun meminimalisir terjadinya kerusakan sendi. Air juga bisa berfungsi seperti pemijat alami tubuh.

8. Temukan bantal yang sempurna

Anda perlu menyiapkan tempat beristirahat yang pas untuk otot dan tendon--terutama di bagian leher--agar kesehatan lebih terjaga. Bila Anda merasakan nyeri leher, bisa jadi sudah saatnya Anda memilih bantal dengan kualitas yang lebih baik.

Jika Anda senang tidur berbaring biasa, pilihlah bantal yang kokoh. Sebaliknya, jika Anda menyukai tidur tengkurap, pilih bantal yang pipih dan elastis untuk menjaga kepala tetap sejajar dengan tulang punggung.

9. Terima semua kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Tak perlu khawatir merasa kurang sempurna karena masing-masing individu memiliki kekurangan dan kelebihan. Tugas Anda adalah menerima diri apa adanya.

Artikel Selanjutnya
4 Sensasi Dahsyat Bila Wanita Hamil Capai Orgasme
Artikel Selanjutnya
Berhubungan Seks Sekali Seminggu Turunkan Risiko Kematian Dini