Sukses

Stres Picu Kerusakan Gigi, Kok Bisa?

Dokter gigi Ratu Mirah Afifah mengatakan, stres bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan gigi. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Dokter gigi Ratu Mirah Afifah mengatakan, stres bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan gigi.

"Tanpa kita sadari sebenarnya stres ketika saat tidur ataupun bekerja membuat kita mengatupkan dan menggertakan gigi. Sehingga dapat berpotensi
membuat gigi menjadi aus," katanya di acara Hari Kesehatan Gigi Dunia 2017 "Live Mouth Smart' yang diadakan oleh Pepsodent di SDN Rawabuntu 03, Tangerang Selatan.

Menurut Mirah, ketika kebiasaan tersebut lama dilakukan bisa mempengaruhi kondisi tulang penyangga giginya. 

Kebiasaan lain yang bisa merusak gigi ialah konsumsi makanan manis berlebih. Data Riskesdas pada 2013 menyebutkan 53,1 persen konsumsi makanan atau minuman manis masyarakat Indonesia dapat mencapai lebih dari satu kali dalam sehari.

"Untuk anak-anak, jika mengonsumsi asupan manis terlalu banyak apalagi menjelang waktu tidur, berpotensi terkena Early Childhood Caries atau disebut dengan karies botol," ujarnya.

Maka itu, Mirah mendorong orangtua untuk menerapkan kebiasaan menggosok gigi pada anak-anak sebelum tidur. (Aida Tifani)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.