Sukses

Gen yang Bikin Pria Rentan Sakit Jantung

Liputan6.com, Jakarta Sakit jantung ternyata turut dipengaruhi oleh faktor gen. Gen yang bernama I-haplogroup ini hanya dimiliki oleh pria.

Gen ini membuat pria lebih rentan mengalami masalah jantung ketimbang wanita. Para ahli medis dari British Heart Foundation memperkirakan kalau gen ini membuat kaum pria lebih berisiko terkena penyakit jantung koroner hingga 55 persen.

Prof. Peter Weissberg dari British Heart Foundation yang turut menemukan pengaruh gen terhadap jantung pria mengatakan penemuan ini berguna mencegah masalah jantung pada pria.

"Dengan mengetahui hal ini, kaum pria harusnya lebih hati-hati menjaga kesehatan," ucap Peter seperti dikutip dari Dailymail.

Gen l-haplogroup bukanlah barang baru. Varian gen ini sudah hadir di Eropa dari wilayah Timur Tengah sekitar 25 ribu tahun yang lalu.

Meski demikian para peneliti masih belum yakin apakah pengaruh gen tersebut terhadap kesehatan lebih besar ketimbang faktor lain seperti merokok atau gaya hidup.

"Masih banyak yang harus diteliti untuk mengetahui potensi dan pengaruh gen ini terhadap kesehatan jantung," imbuh Peter.

Artikel Selanjutnya
Waspadai 5 Kondisi yang Bisa Jadi Petanda Kanker Paru
Artikel Selanjutnya
Inilah Kenapa Kebanyakan Pasien Kanker Jadi Sangat Kurus