Sukses

Jeda Waktu yang Ideal untuk Mulai Olahraga Setelah Makan

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan sebelum ber-olahraga memberikan Anda banyak energi. Sehingga Anda bisa memaksimalkan menambah massa otot.

Namun, kebanyakan orang tidak mengetahui jeda waktu yang pasti untuk berolahraga setelah makan.

Heidi Skolnik MS CD FACSM, ahli gizi dari New York, mengatakan, dua sampai tiga jam adalah waktu yang baik untuk Anda memulai berolahraga setelah makan. 

Ia juga menyarankan agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan tersebut, sekali pun setelahnya akan Anda bakar lewat olahraga.

“Terlalu banyak mengonsumsi makanan sebelum berolahraga, dapat membuat Anda merasa lesu, serta dapat membuat perut terasa tidak nyaman,” ujarnya seperti dilansir dari Popsugar, Senin (20/3/2017).

Kemudian, agar tubuh Anda mendapatkan bahan bakar yang tepat, sebagian besar ahli menyarankan, jika sudah melewati beberapa jam setelah makan besar (siang atau malam), lebih baik Anda juga memakan sedikit makanan ringan satu jam sebelum berolahraga.

Menurut mereka, makanan ringan tersebut harus berupa kombinasi dari karbohidrat dan sedikit protein, di mana semua makanan tersebut hanya mengandung sedikit kalori (di bawah 200 kalori).

Namun, jika Anda misalnya berencana untuk melakukan olahraga dengan kondisi perut kosong, seperti misalnya saat baru bangun tidur, menurut Skolnik hal ini sebenanya kurang ideal.

“Mungkin terasa sulit untuk makan dahulu di pagi hari, tetapi memberikan bahan bakar pada tubuh dengan mengonsumsi nutrisi-nutrisi yang tepat, sangat penting untuk menjalankan sesi olahraga Anda,” katanya.

Reporter: Tassa Marita Fitradayanti

Artikel Selanjutnya
11 Cara Mudah Pangkas Berat Badan dalam 15 Menit
Artikel Selanjutnya
Ini Makanan Terbaik untuk Disantap Sebelum dan Sesudah Olahraga