Sukses

Lakukan 6 Olahraga Ini Saat Hamil, Proses Persalinan pun Lancar

Liputan6.com, Jakarta Jika kita rajin berolahraga, akan ada banyak manfaat yang akan tubuh dapatkan, tak terkecuali ketika Anda sedang hamil.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, berolahraga selama hamil dapat membantu Anda mempersiapkan proses persalinan, serta membantu tubuh untuk cepat pulih dari proses persalinan tersebut.

Berikut ini adalah enam jenis olahraga yang dapat dilakukan saat hamil, seperti dikutip dari Purewow, Senin (20/3/2017). Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan salah satu jenis olahraga di bawah ini, lebih baik bicarakan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda:

1. Prenatal yoga

Jika Anda tidak pernah melakukan yoga sebelumnya atau masih relatif baru dalam latihan ini, maka lebih baik cari seorang pelatih terpercaya yang dapat memandu Anda.

Hal ini sangat penting seiring dengan usia kehamilan Anda yang bertambah. Karena di trimester kedua, Anda tidak boleh melakukan posisi apapun yang mengharuskan tubuh untuk telentang, karena posisi ini bisa memberikan banyak tekanan pada vena cava (vena utama yang membawa darah ke bayi Anda). Selain itu, hindari gerakan-gerakan yang terlalu menantang keseimbangan Anda.

2. Olahraga Barre

Latihan yang bersifat low-impact ini sangat cocok dilakukan oleh para ibu hamil. Saat masih trimester pertama, Anda masih boleh melakukan beberapa gerakan yang rutin Anda lakukan.

Namun, untuk gerakan-gerakan yang mengharuskan Anda untuk berbaring terlentang, gerakan yang perlu memutar tubuh dari bagian pinggang ke atas, atau gerakan yang memerlukan keseimbangan, lebih baik bicarakan hal ini pada pelatih Anda untuk menggantinya dengan gerakan-gerakan yang lebih aman untuk ibu hamil.

3. Olahraga spinning

Olahraga spinning merupakan satu-satunya jenis latihan yang memiliki sabuk pengaman ketika Anda membutuhkannya. Selain itu, setang sepeda pada alat spinning juga dapat membantu menstabilkan tubuh Anda seiring dengan perut yang semakin membesar.

Namun saat melakukan latihan ini, pastikan selalu bahwa tubuh Anda terhidrasi dengan baik selama latihan, awasi juga pernapasan Anda, serta hindari gerakan duduk-berdiri atau memantul-mantulkan sedikit tubuh Anda saat sedang menggunakan alat spinning tersebut.

4. Berenang

Berolahraga di dalam air, membuat Anda bisa melakukan berbagai macam gerakan tanpa perlu memberikan tekanan berlebih pada sendi-sendi.

Namun selalu ingat, Anda harus pelan-pelan saat masuk ke dalam kolam renang, dan lebih baik lakukan gerakan stroke atau breaststroke saat berenang.

5. Olahraga lari

Mungkin akan semakin sulit ketika perut Anda semakin membesar, tetapi olahraga ini sebenarnya masih bisa dilakukan. Namun saat melakukannya, Anda perlu berhati-berhati dalam menjaga kecepatan berlari, serta perhatikan juga jarak yang Anda tempuh .

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mendengarkan kemampuan tubuh Anda.

6. Latihan beban

Menggunakan alat beban yang berat saat di trimester ketiga, mungkin memang ide yang buruk. Namun latihan beban seperti squat atau push-up dinding, dapat membantu tubuh Anda untuk mempertahankan kekutannya selama ke-hamil-an.

Reporter: Tassa Marita Fitradayanti

 

Artikel Selanjutnya
Kondisi Ini Bikin Amanda Seyfried Minum Antidepresan Saat Hamil
Artikel Selanjutnya
Tak Kunjung Hamil, Perlukah Langsung Periksa ke Dokter?