Sukses

Seperti Nikita Mirzani, Sains Bilang Anda Tak Perlu Pakai Bra

Liputan6.com, Jakarta Nikita Mirzani baru-baru ini mengungkapkan, dia tidak suka mengenakan bra untuk menopang payudaranya. Kalau bisa memilih, dia akan lebih memilih untuk tidak mengenakan bra.

Sebagai simbol, bra sendiri memiliki berbagai arti. Beberapa menganggapnya sebagai penemuan yang konyol dan menyesakkan, sedangkan yang lain menjadikan bra sebagai alat emansipasi.

Berbicara secara ilmiah, salah satu penelitian paling terkenal tentang bra dan payudara muncul beberapa tahun yang lalu mengutip Iflscience, Senin (20/3/2017).

Peneliti ilmu olahraga, Jean-Denis Rouillon, seorang profesor dari University of Franche-Comte, yang terletak di bagian selatan Besançon memimpin satu tim melakukan riset selama 15 tahun tentang efek dari bra terhadap wanita berumur 18 sampai 35 tahun.

Studi ini dilakukan di Centre Hospitalier Universitaire (Rumah Sakit Universitas) di Besançon.

Temuan mereka mengindikasikan, memakai bra di usia muda tidak memberi bantuan apapun untuk menopang dada, mengurangi nyeri punggung, atau mencegah payudara kendur.

"Secara medis, fisiologis, dan anatomis, payudara tidak mendapatkan keuntungan apapun dari penahanan gravitasi (dengan mengenakan bra). Sebaliknya, mereka justru dari semakin kendur dengan bra," Profesor Rouillon mengatakan pada France Info dalam sebuah wawancara.

Para peneliti ini percaya, wanita muda akan memiliki payudara yang lebih kencang, dan jaringan payudara yang lebih tertopang jika tidak menggunakan bra. Dalam studi ini, wanita yang berhenti menggunakan bra--karena pilihan, bukan keharusan dalam studi ini--memiliki kenaikan posisi puting sampai 7 milimeter ketika dibandingkan dengan mereka yang menggunakan bra.

Bra, menurut mereka, bisa menghambat sirkulasi dan mengurangi kekencangan payudara seiring waktu.

"Untuk wanita muda, tidak menggunakan bra akan menciptakan peningkatan produksi kolagen dan elastisitas. Hal ini akan membuat payudara yang sedang berkembang lebih terangkat," ujar Dr. Stafford Broumand, yang tidak berhubungan dengan studi di atas.

Namun tentu saja, banyak wanita menggunakan bra untuk berbagai alasan lain, tak cuma untuk mengurangi kekendoran payudara.

Jadi, jika Anda merasa tak nyaman mengenakan bra, rupanya tak ada salahnya memilih untuk tidak mengenakannya, seperti yang dilakukan oleh Nikita Mirzani.