Sukses

Usir Jerawat dan Kerut dengan Jintan

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang rempah, biasanya yang akan pertama kali kita ingat bukanlah jintan. Bahkan, rempah yang menjadi salah satu bahan wajib di masakan India ini tidak sesering itu digunakan di Indonesia. Kalah dengan teman-temannya, jahe dan kunyit.

Biji jintan memiliki aroma rempah yang manis dan kaya akan manfaat kesehatan. Sebagai tambahan, rempah wangi ini juga sudah digunakan sebagai obat-obatan sejak zaman dahulu kala.

Jintan memiliki lebih dari 100 senyawa kimia, seperti protein, mineral, karbohidrat, dan lemak jenuh. Karena kandungannya yang menyembuhkan, jintan diketahui banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kulit.

Jika Anda menginginkan kulit yang sehat dan bebas jerawat, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu manfaat jintan untuk kulit--dan segera menambahkannya dalam diet harian.

Melansir Chicago Tribune, Senin (20/3/2017) berikut manfaat jintan untuk usir jerawat dan kesehatan kulit lainnya:

 

1 dari 4 halaman

1. Mengobati dan mencegah jerawat

Kondisi kulit seperti jerawat biasanya disebabkan oleh benda asing dan komponen beracun, seperti mikroba, dan lainnya. Ketika komponen beracun berakumulasi di dalam tubuh, kulit Anda akan jadi rentan berjerawat.

Pencegahan jerawat yang direkomendasikan adalah dengan menambahkan jintan ke dalam makanan. Alasannya, jintan mengandung kompenen seperti Thymol, Cuminaldhyde, dan fosfor, yang memiliki efek detoksifikasi. Memakan jintan secara teratur bisa membantu mengusir racun dari dalam tubuh.

Untuk mengobati jerawat, Anda hanya perlu mencampurkan bubuk jintan ke dalam cuka apel sampai membentuk pasta. Lalu oleskan pasta ini ke bagian yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2 dari 4 halaman

2. Melawan penuaan

Jintan memiliki manfaat melawan penuaan karena kandungan vitamin E di dalamnya. Menambahkan jintan dalam diet harian akan membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerut, garis halus, dan titik hitam.

Terlebih lagi, jintan mengandung properti antioksidan. Karena itu, jintan efektif melawan radikal bebas yang membahayakan kulit dan menyebabkan penuaan. Properti antioksidan dan antibakteri membuat jintan jadi makanan ideal yang akan membuat Anda terlihat muda.

3 dari 4 halaman

3. Mempercepat penyembuhan gangguan kulit

Tak hanya memberi kulit kilau muda bercahaya, vitamin E dalam jintan juga bisa menyembuhkan. Dalam bentuk essential oil, jintan sering digunakan sebagai obat rumahan yang efektif dalam mengobati berbagai permasalahan kulit, seperti psoriasis, eczema, jerawat, dan bekas jerawat.

Ini juga karena jintan mengandung zat antifungi dan properti disenfektan. Penggunaan luar dari jintan akan membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

Orang-orang sering menambahkan jintan bubuk ke dalam masker wajah untuk menyembuhkan beberapa permasalahan kulit. Permasalahan atau gangguan kulit biasanya disebabkan oleh toksin atau substansi berbahaya yang menumpuk di dalam tubuh.

  • Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro S.E., M.U.P., Ph.D atau dikenal sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional
    Jerawat
  • kulit
  • Jinten
Artikel Selanjutnya
3 Minuman Ini Lebih Efektif Turunkan Berat Badan Dibanding Lemon
Artikel Selanjutnya
Wanita Ini Berhasil Pangkas Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem