Sukses

Kejamnya Perlakuan Jahat Garam ke Tubuh Kita

Kita harus menambahkan garam ke dalam masakan sehari-hari, karena tubuh kita butuh natrium. Namun, bila berlebihan, bisa mematikan.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia butuh asupan natrium yang didapat dari garam untuk memperlancar aliran darah, membuat tekanan darah tetap normal, dan menyehatkan pencernaan.

Namun, terlalu banyak menambahkan garam di setiap makanan yang akan disantap, tentu dapat menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Sudah terlalu banyak penelitian yang membahas dampak konsumsi garam terhadap kesehatan manusia.

Kelebihan asupan garam dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Karena alasan itu pula yang membuat kita ada baiknya mengerem kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji.

Sebab, hampir semua makanan cepat saji dan olahan mengandung garam yang sangat tinggi. Para ahli pun merekomendasikan agar para orangtua mulai membatasi asupan garam pada anak sedini mungkin, mengingat anak-anak sekarang gemar sekali makanan cepat saji.

Dikutip dari situs Boldsky, Senin (20/3/2017), asupan garam yang terlalu banyak menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular. Diawali dengan tekanan darah tinggi yang dapat merusak arteri yang menghambat kerja jantung. Jantung yang bermasalah, stroke pun tak dapat dihindari. Yang lebih parah, penelitian telah menyebutkan bahwa kanker perut rentan dialami oleh individu yang gemar mengonsumsi makanan asin.

Natrium punya peran penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Akan tetapi, ketika kita terlalu banyak makan garam, ini akan mengubah keseimbangan natrium dalam tubuh. Dengan demikian, fungsi ginjal mengalami penurunan. Ditambah pula kitanya kurang minum air putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini