Sukses

3 Trik Sederhana Redakan Nyeri Punggung Akibat Duduk Terlalu Lama

Liputan6.com, Jakarta Tubuh kalangan pekerja, khususnya yang bekerja duduk seharian di kantor, umumnya rentan akan sakit pinggang dan punggung. Jika dibiarkan berlama-lama seperti itu, maka tubuh akan menjadi lebih rapuh ke depannya dan penyakit berskala besar mengintai sepanjang usia.

Oleh karena itu, disarankan bagi mereka yang pekerjaannya mengharuskan duduk seharian di depan komputer, untuk melakukan trik sederhana di bawah ini setiap harinya, seperti dikutip dari laman Built Lean, Minggu (19/3/2017).

1 dari 4 halaman

Chest stretch

Ini merupakan gerakan sederhana yang mana melibatkan peregangan otot-otot di bagian dada. Dengan menggerakannya lebih sering, kita secara otomatis juga membantu meredakan nyeri yang muncul pada bagian punggung.

Lettakan satu tangan dada dan satunya lagi diregangkan ke samping. Tarik lengan tersebut ke belakang sehingga otot di bagian lengan tersebut tertarik dan aliran darah pun bisa mengalir lebih lancar. Lakukan hal serupa menggunakan lengan yang satu lagi. Ulangi sebanyak 30 kali sesudah dan sebelum tidur.

2 dari 4 halaman

Terapkan dingin dan panas

Penerapan es ke bagian punggung yang sakit akibat duduk terlalu lama dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus peradangan yang ada pada bagian tersebut. lakukan ini tiga kali sehari selama 20 menit untuk punggung terhindar dari rasa nyeri sepenuhnya.

Setelah beberapa hari, kini gilaran penerapan panas yang memainkan peran dalam menguranbi nyeri pada otot punggung. Terapkan bantal pemanas atau benda lainnya yang bisa menjadi hangat, untuk mengendurkan otot dan melancarkan peredaran darah ke daerah punggung yang terasa nyeri.

3 dari 4 halaman

Posisi tidur menyamping

Setelah meregangkan otot lewat latihan gerakan chest stretch, lalu menerapkan dingin dan panas secara rutin selama seminggu, jangan lupa mengatur posisi tidur tepat, agar nyeri di punggung hilang dengan cepat dan secara efektif. Posisi tidur miring atau mengarah ke samping disarankan dengan bantal diletakkan di antara dua kaki agar postur tubuh tetap seimbang dan sempurna.

Artikel Selanjutnya
Manfaat Meregangkan Otot Setelah Bangun Tidur
Artikel Selanjutnya
6 Cara Mudah Perbaiki Postur Tubuh