Sukses

Ganti Alkohol dengan Susu, Dijamin Sperma Sehat dan Berkualitas

Anda belum juga dikaruniai anak? Mungkin karena sperma Anda tidak sehat. Mau sehat, segera ubah pola makan Anda sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta "They say you are what you eat". Begitu saran dari peneliti bila Anda menginginkan sperma yang sehat. Sebab, pola makan sehat adalah kunci sperma berkualitas.

Para peneliti di Spanyol melakukan sebuah studi terkait hubungan antara makanan dan kualitas sperma. Ya, mereka menjelaskan, pria yang ingin menjadi seorang ayah sebaiknya menjaga pola makan. Terutama makanan yang tinggi protein.

Dikutip dari situs Daily Mail, Sabtu (18/3/2017) untuk memiliki kualitas sperma yang baik diperlukan makanan dengan kandungan protein tinggi. Ikan, unggas, sayuran, buah, dan susu kuncinya. Makanan sehat memiliki hubungan langsung antara gizi dan kesehatan air mani, kata peneliti.

Berbeda dengan daging olahan, kentang, keju dan alkohol. Santapan nikmat ini memiliki pengaruh buruk pada kualitas sperma.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada pria, mereka yang mengonsumsi santapan dengan kandungan tinggi asam lemak omega-3, zink, dan vitamin D memiliki sperma yang sangat subur.

Selain itu, peneliti di University of Delaware menemukan, kacang kenari juga dapat memperbaiki sperma yang buruk. Hal ini dikarenakan kenari dapat mengurangi peroksidasi lipid, sebuah proses yang dapat merusak sel-sel sperma.

Temuan ini diharapkan bisa menjadi solusi bagia pasangan yang belum memiliki anak. Saat ini, data menunjukkan 25 persen dari semua masalah ketidaksuburan dipicu oleh kualitas sperma yang buruk.

Reporter: Mona Indriyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini